Kuliah Sambil Kerja, Universitas Terbuka (UT) Bisa Jadi Pilihan

Kuliah Sambil Kerja, Universitas Terbuka Bisa Jadi Pilihan – Saat ini, banyak di jumpai sarana pendidikan yang bisa anda jumpai, mulai dari Pendidikan Usia Dini (PAUD) hingga jenjang perkuliahan. Banyaknya pilihan yang bisa di ambil, membuat kebanyakan orang bingung menentukan jenjang pendidikan mana yang harus di ambil.Apa lagi untuk anda yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan.

Belum lagi dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, menuntut kita untuk selalu meningkatkan berbagai macam sumber daya manusia untuk meningkatkan produktivitas salah satunya pada aspek pendidikan.Namun karena adanya keterbatasan tempat serta waktu menjadi kendala utama bagi kebanyakan orang untuk selalu mengembangkan diri juga meningkatkan karir mereka.

Sumber image google.com

Jika anda sedang mencari universitas untuk melanjutkan pendidikan, anda bisa memilih Universitas Terbuka. Universitas Terbuka sendiri merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menerapkan system belajar terbuka dan jarak jauh. Seperti apa  system belajar tersebut?

System yang di maksudkan yaitu mahasiswa bisa belajar secara leluasa tanpa harus datang ke kampus.System belajar tersebut terbukti efektif guna meningkatkan daya jangkau dan system pemerataan untuk berkesempatan berpendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga Indonesia. Tak hanya mereka yang hidup di kota-kota besar yang bisa bergabung di Universitas Terbuka  ini karena perguruan ini mencakup semua orang yang tinggal di daerah terpencil.

Universitas Terbuka ini termasuk dalam Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki cabang di banyak provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak heran, jika anda akan banyak menjumpai cabang dari universitas ini terutama di Pulau Jawa.

Di resmikan di tahun 1984, Universitas Terbuka di beri mandate oleh pemerintah untuk memberikan peluang luas kepada semua warga Indonesia baik itu yang baru lulus sekolah menengah atas maupun bagi anda yang sudah mempunyai perkerjaantetap bisa ikut mengenyam pendidikan di perguruan tinggi tanpa harus memandang umur, latar belakang, ekonomi dan tinggal. System pembelajaran yang di terapkanpun sangat fleksibel sehingga sangat tepat di jadikan pilihan bagi mereka yang menginginkan untuk mengikuti system pendidikan dengan metode jarak jauh.

Karena tidak memandang latar belakang dan kondisi mahasiswanya, system pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pada Universitas Terbuka berguna untuk membantu mencapai tujuan belajar  karena :

  • Tidak ada pembatasan baik untuk tahun kelulusan dari ijazah SLTA dan juga calon mahasiswa
  • Tidak ada pembatasan dalam jangka penyelesaian studi
  • Tidak memberlakukan system drop out mahasiswa apabila mahasiswa belum mencapai kelulusan
  • Penggunaan materi pembelajaran multimedia lebih mengedepankan penggunaan kaset audio dan video/CD-ROM, internet, siaran radio dan TV.
  • Waktu dan tempat belajar lebih fleksibel yang bisa di sesuaikan dengan kondisi mahasiswa.

Universitas ini telah terakreditasi nasional ataupun internasional.Sebagian besar program studi di Universitas Terbuka telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sedangkan secara internasional Universitas Terbuka telah memperoleh Sertifikasi Kualitas  dari Internasional Council for Open and Distance Education (ICDE) dan Akreditasi Internasional dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS.

Untuk jurusan di Universitas Terbuka memang cukup banyak untuk anda pilih karena tidak mencakup program pendidikan dasar saja. Namun sayangnya, jurusan kuliah di Universitas Terbuka ini sulit untuk mendapatkan akreditasi peringkat A pada BAN-PT. Hal ini dikarenakan bahwa universitas tersebut menggunakan system terbuka dan jarak jauh yang berbeda dengan universitas tatap muka. Sebagian umum akreditasi jurusan di Universitas Terbuka ini bernilai B dan hanya beberapa saja yang memiliki nilai C.

Terdiri dari 4 Fakultas yang sudah berstatus PTN yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Tak hanya itu, terdapat beberapa program diploma dan Program Pascasarjana.Terbukti pada  tahun 2015 semua jurusan atau program studi di Universitas Terbuka sudah sudah mencapai 34 program studi yang terdiri dari 27 Program Pasca Sarjana S, 3 Program Diploma dan 4 Program Pascasarjana S2 Magister. Untuk mengetahui hal tersebut, anda bisa mengakses di web resmi universitas terbuka.ac.id.

logo-universitas-terbuka

jika anda ingin mendaftar menjadi calon mahasiswa, system registrasinyapun cukup sederhana. Adapun langkah-langkah pendaftaran universitas terbuka antara lain :

  • Anda bisa membeli berkas registrasi terlebih dahulu di kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) terdekat.
  • Mengisi formulir registrasi
  • Setelahnya, anda bisa membayar SPP pada Bank yang di tunjuk dengan menyerahkan Tanda Bukti Setoran Universitas Terbuka (TBS-UT)
  • Terakhir, anda bisa mengembalikan formulir registrasi serta berkas persyaratan termasuk juga dengan TBS-UT ke UPBJJ-UT yang paling dekat dengan di serahkan secara individu atau di kirim melalui pos. Untuk bisa memudahkan para mahasiswanya, anda juga bisa mengakses secara online di website reseminya.

Bahan ajar yang di terapkan oleh Universitas Terbuka memang menggunakan system belajar terbuka dan jarak jauh.System ini di percaya merupakan system yang cukup efektif, menguntungkan juga fleksibel karena bisa di lakukan dimana saja dan kapan saja.

Bahan ajar cetak atau modul di desain untuk di gunakan secara mandiri tanpa menggunakan media pembimbing atau tutor. Modul-modul yang digunakanpun telah di lengkapi dengan bahan ajar yang berupa non cetak seperti kaset audio video, computer, siaran radio dan televise. Universitas ini bisa menjamin bahan ajar yang berkualitas karena di buat oleh ahli dibidangnya yang adalah dosen dari perguruan tinggi ternama di Indonesia.Kualitas bahan ajar yang di terapkanpun sudah sudah banyak di kenal oleh masyarakat dan sudah terbukti banyak di gunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia.

Bagaimana dengan layanan akademik di Universitas Terbuka? Layanan akademik bisa dilakukan melalui kegiatan tutorial yang terdiri dai dua jenis layanan tutorial yakni melalaui tatap muka dan tutorial jarak jauh melalui radio, televise da internet. Tak hanya itu, sering pula diadakan kegiatan bimbingan praktek yang di sediakan untuk mata kuliah yang memerlukan praktik. Adapun kegiatan bimbingan praktikpun di lakukan oleh tutor yang berkualitas  baik yang berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta dan dari Universitas Terbuka itu sendiri. Sedangkan untuk mata kuliah tertentu sering pula mendatangkan narasumber yang di undang dari pelaku bisnis, industry juga sector lain.

Karena jangkauan Universitas ini sudah sangat luas, tak heran jika banyak lembaga yang sudah menjalin kerja sama dengan Universitas Terbuka guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Beberapa lembaga dan institusi tersebut antar lain, Departemen Dalam Negeri, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Pertanahan dan Keamanan, TNI Angkatan Laut, Bank Negara Indonesia, PT Pos Indonesia, Badan Pusat Statistik, Departemen Pertanian dan masih banyak lagi beberapa perusahaan di Indonesia.

Karena banyak kemudahan dan hal menguntungkan yang bisa anda manfaatkan, maka Universitas Terbuka ini bisa anda jadikan pilihan melanjutkan pendidikan anda terlebih bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu atau bekerja.

Share
Kuliah Sambil Kerja, Universitas Terbuka (UT) Bisa Jadi Pilihan | admin | 4.5

Leave a Reply