Ujian Nasional Online

Ujian Nasional Online –  Pemerintah telah menetapkan ujian nasional akan menerapkan system UN online secara menyeluruh dalam tahapan Ujian Nasional di tahun 2016. Ujian nasional secara online menjadi topik hangat bagi dunia pendidikan Indonesia, walaupun pelaksanaan di beberapa sekolah yang menerapkan Ujian Nasional menjadi Pro dan Kontra. Banyak sekali pertimbangan kenapa pemerintah mengubah system Ujian Nasional di Indonesia, karena pemerintah mempunyai harapan dengan adanya Ujian Nasional online 2016, maka dapat meningkatkan mutu, menjamin Ujian Nasional bisa dilaksanakan oleh para siswa-siswi dengan jujur, menghemat biaya, fleksibel, dan bersih.

Ujian Nasional online dapat menggunakan system computer atau computer-based test. Hal ini tentunyakan lebih terlihat praktis dibandingkan dengan papper based test atau Ujian Nasional Tulis, seperti tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu mulai dari sekarang siswa-siswi harus mulai terbiasa dengan computer.Penggunaan Ujian Nasional Online dilakukan pada tingkat SMA SMK 2016 dan SMP MTS 2016.

Pada tahun 2015 lalu sudah ada beberapa sekolahan yang sudah menerapkan test dengan model ini, yaitu SMA dan SMK yang sudah memenuhi persyaratan. Namun mulai tahun 2016 ini Ujian Nasional akandilakukan dengan system computer, yang akan dilaksanakan di 34 provinsi. Dan adapun UN Online dilaksanakan SMO/MTS 2016, Ujian Online SMK 2016, SMA/MA 2016, serta paket B dan C. Sedangkan sekolah yang dapat melaksanakan UN CBT atau dengan system computer akan dituangkan dalam petunjuk teknis Ujian Nasional 2016.

Prediksi soal ujian nasional online 2016 baik SM SMA SMK memiliki soal-soal yang sama, atau setara dengan ujian nasional tertulis atau tes berbasis kertas. Setiap tahunnya sedikitnya ada 100.000 ribu soal dibuat untuk dibuat sebagai kisi-kisi Ujian Nasional, akan tetapi baik kisi-kisi Ujian Nasional SMP atau SMA tidak digunakan lagi, jadi dianggap sebagai pemborosan karena dicetak. Sebaliknya jika pemakaian UN dengan system test berbasis computer maka soal-soal Ujian Nasional yang masih dalam keadaan bagus dapat dipertahankan, dan dapat menjadi bacaan serta mudah untuk didownload untuk dijadikan sebagai kisi-kisi UN SMP MTS SMA SMK 2016.

Karena memiliki fungsi yang praktis dan mudah, maka system ujian Nasional secara online akan mulai diperlakukan pada tahun 2016. Demikian informasi tentang Ujian Nasional Online 2016 semoga dapat menambah informasi.

Share
Ujian Nasional Online | admin | 4.5