Kisi – kisi UN IPA SMPLB 2016
Langsung saja berikut ini adalah Kisi – kisi UN IPA SMPLB 2016 :
Jenjang Pendidikan : SMPLB-ADE
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika)
Level Kognitif | Pengukuran, zat dan sifatnya | Meknika dan Tata Surya | Gelombang, Listrik danMagnet |
Pengetahuan dan
pemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Membedakan Mengelompokkan Menjelaskan |
Siswa mampu memahami tentang:
– pengukuran – besaran dan satuan – konsep zat dan wujudnya – zat serta perubahannya – zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika |
Siswa mampu memahami tentang:
– hukum newton – usaha dan energi – suhu dan kalor – tata surya |
Siswa mampu memahami tentang:
– getaran dan gelombang – bunyi – optik – listrik dan magnet |
Aplikasi
Mengklasifikasi Menginterpretasi Menghitung Mendeskripsikan Memprediksi Mengurutkan Membandingkan Menerapkan Memodifikasi |
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
tentang: – pengukuran – zat serta perubahannya – zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika |
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan tentang: – hukum newton – usaha dan energi – suhu dan kalor – tata surya |
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
tentang: – getaran dan gelombang – bunyi – optik – listrik dan magnet |
Penalaran dan logika
Menemukan Menyimpulkan Menggabungkan Menganalisis Memecahkan masalah Merumuskan |
Siswa mampu bernalar tentang:
– pengukuran – zat serta perubahannya – zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika |
Siswa mampu bernalar tentang:
– hukum newton – usaha dan energi – suhu dan kalor |
Siswa mampu bernalar tentang:
– getaran dan gelombang – bunyi – optik – listrik dan magnet |
Jenjang Pendidikan : SMPLB-ADE
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi)
Level Kognitif | Makhluk hidup dan lingkungannya | Struktur dan fungsi makhluk hidup |
Pengetahuan dan
pemahaman Mengidentifikasi Mendeskripsikan Mengklasifikasi Menunjukkan Menjelaskan Menentukan |
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
– ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup – keragaman makhluk hidup – interaksi antara makhluk hidup dan lingkunga – pelestarian makhluk hidup |
Siswa mampu memahami dan menguasai konsep:
– sistem gerak pada manusia – sistem pencernaan manusia – sistem peredaran darah – sistem pernafasan – sistem ekskresi – sistem reproduksi manusia – sistem koordinasi – organ perkembangbiakan pada hewan dan tumbuhan |
Aplikasi
Memberi contoh Menyimpulkan Menerapkan Menghubungkan Memprediksi Membandingkan |
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman
tentang: – interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan – kepadatan populasi manusia – dasar pengklasifikasian makhluk hidup – bioteknologi sederhana |
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman
tentang: – mekanisme kerja organ – menjaga kesehatan sistem organ – kelainan dan penyakit pada sistem organ – keterkaitan struktur dan fungsi organ tumbuhan – menjaga kelangsungan hidup organisme |
Penalaran dan logika
Menganalisis Mensintesis Mengevaluasi Menilai Mempertimbangkan Memecahkan masalah Memberi argumen |
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
– dampak aktivitas manusia pada lingkungan – pengaruh kepadatan populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya |
Siswa mampu menggunakan nalar dalam mengkaji:
– keterkaitan antara sistem organ pada manusia – keterkaitan antara struktur dan fungsi organ pada tumbuhan – pola hidup sehat – peningkatan jenis dan kualitas pangan |
Untuk melihat lengkap kisi – kisi Ujian nasional IPA SMPLB 2016 silahkan download melalui link di bawah ini :
Semoga informasi di atas bermanfaat untuk semua, Silahkan bagikan kepada rekan yang lain untuk berbagi Informasi.