Daftar Sekolah Penyelenggara UNBK 2016 ( UJian Nasional Berbasis Komputer (CBT) Tahun 2016)

Selamat Sore sahabat Salam satu data, Pelaksanaan Ujian Nasional sudah semakin dekat terlebih lagi untuk tahun ini ada 2 metode palaksanaannya yaitu melalui Ujian Nasional Manual dengan menggunakan lembar jawab komputer dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) . Mungkin sebagian di antara kita ada yang belum mengetahui apa itu Ujian Nasional berbasis komputer langsung saja UN CBT adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 555 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 378 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online.

Untuk Tahun 2016, melalui situs resm http://unbk.kemdikbud.go.id telah di tetapkan daftar Sekolah penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer.  Daftar sekolah tersebut meliputi 1006 sekolah untuk tingkat SMP/MTs, 1297 Sekolah tingkat SMA/MA dan 2103 sekolah tingkat SMK.

Bagi anda yang ingin mengetahui sekolah mana saja yang menyelenggarakan UNBK 2016 silahkan ikuti petunjuk di bawah ini :

  1. Silahkan kunjungi website resmi http://unbk.kemdikbud.go.id
  2. Setelah halaman situs terbuka silahkan memilih menu Daftar Sekolah UNBK

daftar sekolah UNBK 2016

  1. Ada 2 opsi yang bisa anda coba :daftar sekolah UNBK 2016 1

    > Silahkan memilih Jenjang Sekolah, nama provinsi, dan Nama Kabupaten maka akan secara otomatis muncul daftar sekolah yang ingin anda lihat.

    > Silahkan masukkan Nama sekolah pada kotak search  jika muncul berarti sekolah tersebut termasuk penyelenggara UNBK 2016.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda, jangan lupa share agar teman anda juga tahu. Salam Satu data

Share
Daftar Sekolah Penyelenggara UNBK 2016 ( UJian Nasional Berbasis Komputer (CBT) Tahun 2016) | admin | 4.5