Permainan Untuk MOS Yang Mendidik Dan Tidak Mengandung Unsur Kekerasan

Permainan Untuk MOS Yang Mendidik Dan Tidak Mengandung Unsur Kekerasan –  Masa Orientasi siswa atau yang lebih banyak dikenal dengan istilah MOS adalah acara yang dipersiapkan pihak sekolah kepada para murid baru yang masuk ke sekolah mereka.Ajang MOS ini sekarang menjadi salah satu agenda yang wajib diadakan dalam setiap masing-masing sekolah.

Bahkan dibeberapa daerah, ajang MOS ini dijadikan perlombaan antar sekolah.Mereka mencari siapa yang paling kreatif dan imajinatif dalam mengembangkan permainan untuk MOS ini.

Namun disayangkan, disisi lain berlomba sebagai ajang kreatifitas di sisi lain ada yang berlomba sebagai ajang balas dendam mereka kepada kakak kelas yang tidak tersampaikan dan dilampiaskan kepada adik kelas.

Berikut beberapa permainan untuk MOS yang mendidik dan tanpa mengandung unsur kekerasan.

  • Dengarkan Suara

Permainan untuk MOS yang pertama adalah dengarkan suara.Setiap anak dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian masing-masing peserta diminta menulis nama hewan seperti kambing, sapi, ayam dan lainnya. Setelah itu masing-masing anak disuruh mencari hewan yang sama seperti tulisan yang ada dikertasnya tersebut dengan suara mereka. Tidak boleh menggunakan suara yang lainnya.

  • Mencari dalam diam

Permainan untuk MOS yang kedua adalah mencari dalam diam. Sebelum permainan dimulai.Siapkan beberapa lembar perangko dan sembunyikan diberbagai tempat.Setelah itu, berikan instruksi kepada peserta bahwa siapa yang melihat perangko harus duduk dan diam. Peserta yang terakhir duduk dan melihatnya.Dia lah yang kalah.

  • Sugesti

Instruksikan kepada peserta bahwa “lakukan seperti apa yang saya katakan dan jangan lakukan yang saya akan lakukan.”Peserta yang melakukan kesalahan bisa dihukum bernyanyi atau menari.

  • Tahan Tawa

Instruksikan kepada peserta bahwa sebentar lagi akan ada 3 pelawak yang akan melawak didepan para peserta. Durasi dari lawakan sekitar 4 menit. Jika salah satu dari peserta selam pertunjukan berlangsung ada yang tertawa, maka peserta otomatis kalah dan akan mendapat hukuman. Namun apabila selama durasi lawakan peserta tidak ada yang tertawa maka otomatis si pelawak gagal dan yang mendapat hukuman adalah para pelawak.

  • Bercermin

Permainan untuk MOS yang terakhir adalah bercermin.Permainan ini sebenarnya mengajarkan kekompakan.Masing-masing peserta harus berdiri berpasangan.Peserta yang satu harus mengikuti gerakan peserta yang lainnya.Seolah-olah sedang bercermin.Kedua peserta harus kompak ketika alur permainan berjalan semakin cepat. Mintalah peserta untuk berdiskusi apa sebenarnya hasil dari permainan ini.

 

Itu tadi beberapa macam Permainan untuk MOS yang segar dan menghibur.

 

 

Share
Permainan Untuk MOS Yang Mendidik Dan Tidak Mengandung Unsur Kekerasan | admin | 4.5