Macam-Macam Metode Pembelajaran

Macam-Macam Metode Pembelajaran – Kegiatan belajar mengajar sebenarnya tidak hanya bisa di lakukan di lembaga pendidikan formal saja, namun di rumah, lembaga pendidikan non formal, lingkungan tempat tinggal juga dapat terjadi proses pembelajaran.

Namun memang ketika anak sudah menginjak usia sekolah, maka proses pembelajaran paling banyak di lakukan di sekolah atau lembaga pendidikan formal. Di sekolah sendiri, metode pembelajaran yang di gunakan cukup beragam.

Biasanya setiap guru akan memiliki macam-macam metode pembelajaran yang berbeda. Sebenarnya, semua macam-macam metode pembelajaran sama baiknya, hanya tergantung bagaimana pelakunya mempraktikkan metode-metode tersebut dengan baik.

Berikut ini macam-macam metode pembelajaran yang biasanya di lakukan guru :

Metode Mengajar Untuk Anak Paud Dan TK

  1. Metode ceramah.

Macam-macam metode pembelajaran yang pertama dan paling banyak di jumpai antara lain adalah metode ceramah. Metode ini di lakukan dengan cara guru menceritakan semua ilmu yang hendak di sampaikan pada muridnya.

Untuk metode ceramah ini guru kurang memberi kesempatan pada anak untuk berinteraksi langsung.Anak hanya di tuntut untuk mendengarkan dan memahami segala yang di sampaikan guru.

  1. Metode diskusi

Bisa di bilang metode diskusi adalah macam-macam metode pembelajaran yang sangat baik untuk meningkatkan jiwa sosial anak. Sebab dengan berdiskusi mereka akan belajar bagaimana cara menghargai perbedaan pendapat dan bagaimana cara menyatukan pendapat.

Selain itu, dengan metode diskusi, anak juga akan lebih aktif dan membagikan ilmu yang mereka ketahui kepada teman-temannya.

  1. Metode demonstrasi

Tidak hanya metode diskusi, macam-macam metode pembelajaran lain yang juga dapat membuat anak lebih aktif adalah metode demonstrasi.

Metode demonstrasi sediri sebenarnya lebih kepada praktik atau peragakan materi menggunakan alat peraga (demo). Ketika pembelajaran menggunakan metode ini, biasanya anak akan lebih mudah fokus menerima ilmu yang di sampaikan.

Namun sayangnya tidak semua materi dapat didemonstrasikan, sehingga metode ini biasanya hanya di gunakan pada beberapa materi pembelajaran saja.

  1. Metode eksperimental

Metode eksperimental ini adalah salah satu macam-macam metode pembelajaran yang akan membuat anak lebih kreatif. Pasalnya metode ini akan menuntut anak untuk melakukan percobaan-percobaan sehingga daya kreatif anakpun akan meningkat dengan sendirinya.

Hanya saja metode eksperimental ini biasa di gunakan pada proses pembelajaran siswa besar. Dan masih jarang di gunakan pada anak-anak yang masih kecil.

Pada dasarnya semua macam-macam metode pembelajaran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu tinggal bagaimana anda bisa menutupi kekurangan satu metode dengan kelebihan metode lain.

Share
Macam-Macam Metode Pembelajaran | admin | 4.5

Leave a Reply