Cara Mudah Tembus SNMPTN

Cara Mudah Tembus SNMPTN – SNMPTN adalah jalur pendaftaran masuk ke Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes.Maksudnya adalah siswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri hanya menyetorkan nilai rapot tanpa melewati seleksi tertulis. Penyetoran nilai rapot ini pun dilakukan oleh pihak sekolah yang nantinyaakan dikonfirmasi masing-masing siswa di web untuk SNMPTN.

Nilai rapot yang disetorkan untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri adalah nilai rapot semester 1 sampai semester 5. Untuk dapat mengikuti SNMPTN dengan sukses anda sebaiknya tahu cara mudah tembus SNMPTN. Karena dengan mengetahui tips cara mudah tembus SNMPTN, maka peluang anda diterima di perguruan tinggi negeri impian anda akan lebih besar. Berikut beberapa tips cara mudah tembus SNMPTN :

  1. Cari tahu passing grade perguruan tinggi

Cara mudah tembus SNMPTN adalah dengan mencari tahu batas nilai atau passing grade perguruan tinggi.Usahakan mencari tahu passing grade perguruan tinggi setiap tahun melalui berbagai sumber.Cara ini bertujuan agar siswa dapat menyesuaikan nilainya dengan passing grade perguruan tinggi.

  1. Pilih jurusan yang tepat

Selain passing grade perguruan tinggi, anda juga harus menyesuaikan nilai anda dengan jurusan yang akan anda pilih. Pilihlah jurusan dengan nilai minimal yang tidak jauh berbeda dengan rata-rata nilai rapot anda.biasanya nilai minimal setiap jurusan akan berbeda pada perguruan tinggi yang berbeda pula. Selain dengan menyesuaikan nilai rapot, pemilihan jurusan juga harus berdasarkan minat anda sendiri.untuk anda yang kurang yakin dengan nilai rapot anda sendiri. ada cara mudah tembus SNMPTN yaitu dengan memilih jurusan yang memiliki peminat sedikit. Hal ini akan membuat peluang anda diterima di perguruan tinggi tersebut lebih besar.

  1. Pilih perguruan tinggi cadangan dengan tepat

Pemilihan perguruan tinggi cadangan juga akan sangat berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya anda. Usahakan memilih perguruan tinggi cadangan dengan passing grade yang jauh lebih rendah. Sebab jika passing grade antara perguruan tinggi pilihan ke-1 dan ke-2 hampir sama, maka peluang anda masuk juga hampir sama. Pemilihan jurusan pada perguruan tinggi cadangan juga diusahakan memiliki nilai minimal yang lebih rendah.

Tips diatas tentu akan sangat dipengaruhi oleh nilai rapot anda, belajarlah lebih giat mulai dari semester awal agar dapat memilih jurusan dan perguruan tinggi favorit anda.3 tips cara mudah tembus SNMPTN diatas semoga dapat membantu anda.

Share
Cara Mudah Tembus SNMPTN | admin | 4.5

Leave a Reply