Alur Pendataan Peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015

Pendataan peserta UKG 2015 bersumber gabungan data guru yang dihimpun dari Dapodik dan Padamu Negeri. Di Indonesia ada Sebanyak 3.015.315 guru yang berasal dari jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang akan mengikuti Tes UKG. Sehingga, data rekap calon peserta UKG dari gabungan Dapodik dan Padamu Negeri menjadi 2.949.122 orang.

Dari data tersebut akan diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk selanjutnya akan diverifikasi kelengkapannya. guru menempuh dengan cara memverifikasi data yang sudah ada di dinas pendidikan Kabupaten/Kota masing. Guru tidak perlu mendaftar, cukup verifikasi data, terutama untuk mata pelajaran diajar, dan tempat bertugas, karena kedua hal ini berkaitan dengan penentuan tempat uji kompetensi guru (TUK). Adapun batas waktu verifikasi sampai dengan 23 Oktober 2015.

Baca JUga : Jadwal dan Syarat Tes UKG Susulan Tahun 2015

Dari informasi yang admin langsir dari website resmi kemendikbud, ada sebuah kasus yang mungkin bisa menjadi referensi rekan guru, terutama bagi guru yang memiliki NUPTK tapi tidak terdaftar sebagai peserta UKG, berikut penjelasannya,

Ongko, penelepon dari Madiun, menanyakan mengenai kejelasan status guru yang memilik Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), tapi tidak masuk ke dalam daftar verifikasi. “Saudara saya memiliki NUPTK, tapi dia tidak terdaftar di dinas pendidikan, itu bagaimana supaya dapat ikut UKG,” ujar Ongko. Pada kasus ini, Santi menganjurkan untuk calon peserta dapat mendaftarkan diri ke operator yang berada di masing-masing dinas pendidikan Kabupaten/Kota. Selanjutnya, operator tersebut akan mendaftarkan calon peserta kepada Kemendikbud.

“Operator itu berada di masing-masing dinas pendidikan, kemungkinan guru tidak terdaftar walau memiliki NUPTK adalah (mungkin) karena data Dapodik tidak diperbaharui,” ujar Santi. Kemudian, Santi melanjutkan, kalau pun guru tetap tidak terdaftar untuk tahun ini, maka guru tersebut dapat mencoba di tahun depan. “Rencananya, kami akan mengadakan UKG tiap tahun,” jelasnya.

Semoga Informasi tentang Alur Pendataan Peserta UKG 2015 di atas bermanfaat untuk semua, terutama bagi rekan yang menjadi peserta UKG bulan November nanti untuk segera melakukan Verifikasi Data, dan bagi yang belum terdaftar secepatnya melakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur yang ada.

Share
Alur Pendataan Peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 | admin | 4.5
آپلود عکس