Pengaruh Sistem Absensi Karyawan Terhadap Produktivitas Perusahaan

Sistem absensi karyawan menjadi bukti performa karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Dari mana perusahaan tahu bahwa karyawan melakukan proyek atau tugas yang dibebankan, jika tidak ada metode atau sistem pencatatan kehadiran karyawan? Kendati di era milenial, karyawan tidak perlu datang ke kantor untuk bekerja, akan tetapi sistem absensi mutlak dibutuhkan untuk mencatat dan menghitung gaji atau payroll.
Data absensi karyawan juga akan dipakai untuk memberikan penilaian performa kinerja karyawan secara otentik. Oleh karena itu, sistem absensi memegang pengaruh yang besar terhadap produktivitas karyawan. Pasalnya, karyawan yang produktif, adalah gambaran dari perusahaan yang produktif. Lalu, apa pengaruh sistem absensi karyawan terhadap produktivitas perusahaan? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, yuk..

1. Menambah Efisiensi Perusahaan

Pada dasarnya setiap perusahaan membutuhkan aplikasi absensi yang otomatis dan efisien. Kenapa begitu? Karena tanpa disadari, pemakaian kertas, pulpen, dan tinta printer untuk catatan absensi bisa menambah beban biaya pengeluaran perusahaan yang tidak sedikit. Bayangkan saja bila beban biaya ini harus dikeluarkan setiap hari hingga bertahun – tahun, tentunya akan lebih baik bila dana dialokasikan untuk kebutuhan lain.
Penggunaan aplikasi absensi LinovHR yang berbasis website, dapat membantu efisiensi perusahaan karena paperless atau tidak membutuhkan kertas sama sekali. Karyawan dapat login sesuai username dan password atau mengakses data karyawan sesuai kebutuhannya sendiri. Seperti pengajuan cuti, lembur, izin sakit, dan sebagainya.

2. Payroll Tepat Waktu
Karena semua data karyawan sudah tersedia dan terstruktur secara otomatis, tidak ada kendala yang ditemui tim HR dalam mengolah data karyawan untuk menghitung penggajian. Sistem payroll atau penggajian membutuhkan database catatan kehadiran, untuk diintegrasikan dengan tunjangan lembur, pajak PPH 21 dan fungsi lainnya.
Karyawan tentu sangat menantikan pembayaran upah setiap bulan sesuai tenggat waktu. Perusahaan dapat memproses perhitungan payroll secara otomatis sehingga mampu membayar gaji karyawan secara tepat waktu.

3. Reputasi Perusahaan
Berkaitan dengan sistem pembayaran gaji atau payroll yang tepat waktu, hal ini turut meningkatkan kepuasan karyawan. Imbasnya, perusahaan akan mendapatkan reputasi dan penilaian yang positif.
Karyawan tidak perlu was – was, gajinya dibayarkan tepat waktu atau tidak, apakah upah lemburnya dibayar atau tidak? Karena data yang sudah tersimpan dapat diintegrasikan dan diolah secara otomatis untuk mengurangi kesalahan – kesalahan akibat faktor manual. Reputasi dan nama baik perusahaan yang terus bersinar, akan memberikan dampak produktivitas yang tinggi.

4. Monitoring Performa Karyawan
Aplikasi absensi android akan memudahkan tim HR dalam monitoring atau pengawasan kinerja pegawai. Pencatatan kehadiran karyawan berbasis online, dapat diakses kapan saja dan di mana saja, kendati tim HR atau karyawan bekerja secara remote. Fleksibilitas semacam ini sangat penting, mengingat mungkin karyawan bisa saja sedang bertugas di kantor cabang yang berbeda kota, atau tim HR sedang izin sakit di rumah.
Proses pengolahan data akan tetap berjalan semestinya tanpa harus terhambat jarak jauh. Dengan sistem berbasis internet, semua data karyawan bisa lebih mudah dimonitoring dan segera mendapatkan tindakan atau evaluasi dari tim HR setiap saat.
***
Sudah jelas bahwa sistem absensi karyawan berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan. Perusahaan tidak bisa menjalankan operasionalnya dengan baik, jika tidak didukung karyawan yang produktif dan disiplin dalam mencapai target.
Manfaatkan aplikasi absensi LinovHR untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dengan berbagai fitur dan fungsi pengolahan data karyawan yang akurat dan otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *