Cari Tahu Seberapa Besar Peran Pondasi Untuk Sebuah Bangunan

Ketahanan dan kekuatan suatu bangunan itu terletak pada pondasinya. Pondasi bangunan merupakan bagian yang paling penting. Banyak yang kurang memperhatikan struktur dan kualitas pondasi, membuat kualitas bangunannya juga menjadi tidak maksimal. Jika Anda ingin bangunan Anda dapat berdiri kokoh hingga puluhan tahun, maka perhatikanlah kualitas pondasinya.  Mengapa kualitas pondasi perlu kita perhatikan? Pondasi adalah bangunan terbawah dari suatu bangunan. Pondasi pula yang menghubungkan bangunan dengan tanah. Kekuatan pondasi harus diperhitungkan agar dapat menopang seluruh beban bangunan dan seisinya.

Pernah melihat rumah dijual di jakarta yang kelihatannya kuat dan kokoh kemudian tiba- tiba ambruk? Atau struktur rumah yang bergeser sehingga menimbulkan retakan- retakan dan perubahan bentuk. Seperti makin miring ke satu sisi.

pondasi bangunan rumah

Membuat pondasi rumah harus dilakukan dengan memperhatikan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah memperhatikan struktur tanah tempat kita akan membangun rumah. jika tanahnya memiliki struktur yang mudah berubah seperti bekas kolam atau area pesawahan, kita bisa membuat pondasi tipe dalam dengan paduan batu dan besi. Untuk jenis batunya, kita bisa gunakan batu kali. Batu kali memang merupakan jenis batu yang paling mudah ditemukan dan sering digunakan sebagai material bangunan rumah.

Selain penggunaan batu kali, ada juga jenis pondasi dengan material batu bata dan coran timah. Untuk pondasi yang terbuat dari material batu bata bisa diterapkan ditanah yang memiliki struktur cenderung normal. Tapi, untuk pondasi dengan coran timah biasanya digunakan untuk membangun gedung- gedung tinggi. material jenis ini juga biasanya digunakan untuk membuat pondasi tipe dalam. Jelas bangunan yang dibangun dengan pondasi tipe dalam akan lebih kuat dan tahan terhadap perubahan struktur tanah.

Setelah mengetahui pentingnya pondasi bagi sebuah bangunan, pasti kita tidak akan lagi mengabaikan kualitasnya bukan? Sekarang kita tinggal pilih dan cocokan saja soal struktur tanah, model bangunan dan jenis pondasinya. Jika semua sudah tepat dan seimbang, maka sudah pasti bangunan rumah Anda akan berdiri dengan kuat dan  kokoh dalam jangka waktu yang lama.

Share
Cari Tahu Seberapa Besar Peran Pondasi Untuk Sebuah Bangunan | admin | 4.5

Leave a Reply