Pendaftaran NPWP Online 2015 ( Membuat NPWP di e-Registration)

Salam Satu Data , Selamat hari minggu rekan semua. Tahukah kalian tentang NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)?. NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Kemajuan Teknologi dan Informasi membuat Cara Pendaftaran juga menggunakan sistem online sehingga mudah untuk dilakukan tanpa harus registrasi secara manual. Aplikasi yang di gunakan adalah e-Registration. e-Registration atau Sistem Pendaftaran Wajib Pajak secara Online adalah sistem aplikasi bagian dari Sistem Informasi Perpajakan di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dengan berbasis perangkat keras dan perangkat lunak yang dihubungkan oleh perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengelola proses pendaftaran Wajib Pajak.

E-Registration NPWP Online

Sistem ini terbagi dua bagian, yaitu sistem yang dipergunakan oleh Wajib Pajak yang berfungsi sebagai sarana pendaftaran Wajib Pajak secara online dan sistem yang dipergunakan oleh Petugas Pajak yang berfungsi untuk memproses pendaftaran Wajib Pajak.

Fungsi NPWP adalah sebagai berikut:

  • Sarana dalam administrasi perpajakan.
  • Tanda pengenal diri atau Identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
  • Dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan.
  • Menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan.

Bagi yang ingin Mendaftar NPWP Online Melalui  e-Registration  silahkan mengunjungi langsung website resmi NPWP Online di https://ereg.pajak.go.id.

Semoga artikel pengertian npwp di atas bermanfaat untuk semua dan bisa menjadi referensi anda dalam proses Pembuatan NPWP Online 2015.  Salam Satu Data

Share
Pendaftaran NPWP Online 2015 ( Membuat NPWP di e-Registration) | admin | 4.5