Cara Cek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) 2014

Setiap Siswa harus mempunyai NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) sebagai bukti bahwa siswa tersebut terdaftar sebagai siswa di sekolah maupun di dinas pendidikan. Untuk mendapatkan NISN harus melalui sebuah proses pengentrian data melalui aplikasi data dapodik baik dapodikdas untuk tingkat SD dan SMP atau dapodikmen untuk tingkat SMA. Untuk itu pada saat pengentrian data harus berpacu pada data yang valid sehingga tidak ada data yang salah ketika NISN sudah keluar.

Semenjak proses pengajuan data NISN bisa di proses oleh masing – masing sekolah langsung ke Kemendiknas maka saat itu sekolah di tuntut mandiri sehingga setiap informasi yang berkaitan dengan data pendidikan harus selalu terupdate sehingga sekolah tersebut tidak ketinggalan informasi. Setelah proses sinkronisasi dapodik sudah berhasil maka untuk mendapatkan NISN harus di lanjutkan melalui verifikasi aplikasi residu di vervalpd.kemendiknas.go.id setelah keluar NISN, untuk mengecek kevalidannya bisa di lakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut :

1. Kunjungi website resmi NISN yaitu http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data

2. Setelah terbuka maka tampilannya seperti di bawah ini

cara cari NISN

3. Pengecekan bisa dilakukan dengan dua cara :

cara Pertama : Dengan pencarian berdasarkan NISN seperti di bawah ini. masukkan nomor NISN siswa yang mau di cekĀ  lalu klik tombol cari.

cara cari NISN

Cara yang Kedua : Pencarian berdasarkan Nama . Caranya masukkan Nama lengkap siswa. tempat lahir siswa, Tanggal Lahir Siswa. lalu klik tombol cari. Format tanggal seperti berikut 20/10/2001.

cara cek NISN

 

Untuk Mempercepat proses pencarian masukkan data sesuai data yang di kirim saat pengajuan NISN sehingga data lebih cepat ketemu. Jika data siswa salah maka bisa di perbaiki dengan cara mengupdate melalui aplikasi residu dengan melampirkan bukti yang valid.

 

Share
Cara Cek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) 2014 | admin | 4.5

Leave a Reply