Kekurangan dan Kelebihan Ruangguru, Quipper dan Zenius

Teknologi sekarang memungkinkan para penggunanya lebih praktis dalam melakukan segala hal, hanya dengan smartphone. Seperti halnya jual beli online, transaksi online, hingga belajar online pun bisa dilakukan. Tidak heran jika perkembangan teknologi saat ini memang sangat memudahkan manusia untuk melakukan apapun, tanpa harus beranjak dari rumah. Melihat hal ini, lembaga pendidikan online pun mengambil kesempatan. Sehingga kegiatan belajar yang dilakukan tanpa harus bertatap muka langsung dengan pengajar, melainkan dilakukan melalui internet.

Di Indonesia terdapat beberapa penyedia jasa layanan pendidikan online yang sudah ternama. Di antaranya Ruangguru, Quipper dan satu lagi Zenius. Ruangguru sendiri merupakan perusahaan teknologi cukup besar dan terbilang lengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki hampir 5 juta pengguna. Selain itu, Ruangguru telah mengelola lebih dari 30.000 guru yang menawarkan jasa lebih dari puluhan bidang pelajaran. Selain itu, Ruangguru merupakan mitra dari pemerintah daerah yang memberikan pendidikan berkualitas melalui Learning Management System (LMS). Sudah ada 34 provinsi di Indonesia yang bekerja sama dengan Ruangguru dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten.

Sekarang beralih ke Quipper yang merupakan layanan baru untuk pendidikan tingkat menengah dan atas (SMP dan SMA) untuk siswa. Layanan ini tersedia di Indonesia dan beberapa negara lain, salah satunya Filipina. Quipper telah bekerja sama dengan banyak sekolah-sekolah melalui produknya Quipper School. Guru dapat memberikan kelas online, serta memberikan tugas rumah kepada muridnya.

Selain Ruangguru dan Quipper, ada satu website belajar online yang bernama Zenius. Perusahaan yang bergerak pada bidang pendidikan di Indonesia ini, telah memulai aktivitas bisnisnya sejak tahun 2004 dan terdaftar sebagai perusahaan resmi dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) pada tahun 2007.

Meskipun beberapa platform belajar online tersebut bisa sudah ternama, tentu tak luput dari kekurangan. Setiap kekurangan tentu juga memiliki kelebihan. Mari kita lihat kelebihan dari masing-masing.

Kelebihan Ruangguru :

  1. Video belajar dengan menggunakan animasi
  2. Guru atau tutor yang interaktif
  3. Tersedia materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru
  4. Dapat berinteraksi dengan tutor berpengalaman via chatting
  5. Aplikasinya mudah digunakan di mana pun dan kapan pun
  6. Guru-guru yang berkualitas bisa diakses secara online
  7. Murid juga bisa memberi feedback untuk cara mengajar dan kinerja aplikasi ini

Kelebihan Quipper :

  1. Materi disesuaikan dengan kurikulum yang berkembang di Indonesia.
  2. Video yang disajikan lebih interaktif karena siswa bisa melihat guru mengajar layaknya kelas beneran.
  3. Konten dan latihan soal yang disajikan sangat menarik seperti bermain game, sehingga belajar tidak membosankan. Saat menjawab soal menggunakan sistem poin, poin ini bisa dikumpulkan dan digunakan untuk mengganti background dari akun Quipper.
  4. Bisa mengunduh materi pelajaran yang disampaikan di dalam video pembelajaran.
  5. Fitur terbaru di Quipper, bisa membuat jadwal belajar sendiri sesuai waktu luang kamu untuk belajar, agar bisa belajar dengan disiplin meskipun belajar secara mandiri.
  6. Fitur “Misi” membuat belajar kamu seperti bermain game, karena kegiatan belajar kamu dibuat berdasarkan level, seperti kayak main game. Semakin kamu aktif belajar, level kamu akan naik.

Kelebihan Zenius

  1. Materi disesuaikan dengan kurikulum yang berkembang di Indonesia.
  2. Materi yang disajikan sangat lengkap mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan materi SBMPTN.
  3. Materi video terlihat sangat jelas, karena menggunakan papan digital, sehingga tulisan pada materi pelajaran yang disampaikan bisa terbaca dengan baik. Kualitas audio atau suara narator yang menjelaskan materi terdengar sangat jelas dan menarik untuk disimak, tidak membosankan, dan mudah dipahami.
  4. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau bagi siswa yang memiliki dana atau budget yang terbatas. Sangat cocok bagi kamu yang memiliki budget terbatas.

Selain kelebihan, masing-masing juga memiliki kekurangan. Berikut ini kekurangan dari masing-masing.

Kekurangan Ruangguru:

    1. Kontennya warna warni ngga fokus colour brandingnya apa
  • Belum banyak yang tau
  • Aplikasinya lumayan besar sizenya
  • Belum banyak sales agentnya

Kekurangan Quipper :

  1. Materi yang tersedia hanya terbatas, untuk SMP, SMA dan materi SBMPTN (untuk saat ini)
  2. Tidak bisa memilih paket berlangganan perbulan
  3. Video pembelajaran hanya bisa diakses secara online dan tidak bisa secara offline. Karena video yang disajikan tidak bisa untuk didownload.

Kekurangan Zenius:

  1. Website masih tampilan standar dengan warna dominan hitam putih.
  2. Video yang disajikan masih berupa video penjelasan dengan menggunakan papan digital, sehingga kurangnya interaksi antara siswa dengan guru, karena tutor yang mengajar tidak terlihat.
  3. Latihan soal yang disajikan kurang menarik, seperti halnya menjawab soal di sekolah pada umumnya
  4. Jarang mengadakan kompetisi untuk para pengguna Zenius.

Jadi kesimpulannya, semua lembaga pendidikan online tersebut bagus. Namun setelah di lihat dari keterangan di atas, ruangguru lebih memiliki keunggulan. Keunggulannya ada pada sektor produk dan keefisienan cara belajarnya. Jadi menurut saya, Ruangguru lebih recommended untuk anda dalam memilih lembaga atau sistem belajar online. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi anda dalam memilih system belajar online.

Share
Kekurangan dan Kelebihan Ruangguru, Quipper dan Zenius | admin | 4.5
آپلود عکس