Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 – Demi meningkatkan mutu belajar yang ada di Indonesia, pemerintah bekerja ekstra keras demi mendapatkan formula terbaik.Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mengganti kurikulum yang lama dengan kurikulum 2013.Sayangnya, banyak yang merasa kecewa atau merasa kerepotan dengan kurikulum 2013 ini. Hal ini dikarenakan kompleksnyapenilaian dan juga beberapa elemen lainnya yang sangat berbeda dengan kurikulum sebelumnya.

Ini juga yang akhirnya pemerintah mengkaji ulang kurikulum 2013 dan bermaksud untuk menggantinyalagi dengan kurikulum yang dianggap lebih tepat dan tidak menyusahkan.Meskipun banyak yang merasa sedikit keberatan dengan kurikulum 2013 ini, tentu saja kurikulum 2013 memiliki kelebihan. Berikut adalah beberapa kurikulum 2013 :

  • Munculnya Pendidikan Karakter

Bukan rahasia bahwa karakter merupakan elemen penting dalam membangun seseorang dimasa yang akan datang. Pada kurikulum 2013 ini terdapat pendidikan karakter yang diharapkan bisa membentuk anak muda dengan karakter yang lebih baik dan bisa lebih berguna dimasa depan.

  • Harus Menjadi Lebih Aktif

Tidak hanya guru yang harus aktif, pada kurikulum 2013 siswa juga dituntut demikian.Selain aktif juga harus bisa menjadi lebih inovatif dan dapat menemukan solusi pada setiap masalah yang diberikan.Hal ini tentu sangat penting bagi kehidupan siswa nantinya.

  • Kompetensi Yang Sesuai

Salah satu elemen utama yang ada di kurikulum 2013 adalah munculnya kompetensi yang harus sesuai dengan tujuan pendidikan dan tuntutan fungsi, baik secara lokal maupun nasional.Kompetensi ini mencakup keterampilan, sikap, pengetahuan, dan lain sebagainya.

  • Buku Induk Guru

Untuk pedoman guru dalam mengajar, kurikulum 2013 sudah menjelaskannya dengan detail rambu-rambunya.Dan lain-lain.

Selain kelebihan, kurikulum 2013 juga memiliki kekurangan, diantaranya :

  • Guru Yang Belum Siap

Perubahan besar-besaran yang dilakukan membuat sebagian guru belum merasa siap dengan kurikulum 2013 sehingga tidak jarang yang merasa stress.Hal ini juga dikarenakan sosialisasi yang kurang optimal.

 

  • Ada beberapa Pelajaran dihapus

Hal ini menimbulkan kecemasan, dimana jam mengajar mereka akan berkurang, begitu juga dengan sertifikasi yang bisa dicabut.

 

  • Tingkat Keaktifan Belum Merata

Pada saat belajar, tentu saja setiap siswa memiliki karakternya sendiri.Pada kurikulum 2013 mengharuskan siswa menjadi aktif, namun tetap saja keaktifan tersebut belum merata pada setiap siswa.Dan lain-lain.

Share
Kurikulum 2013 | admin | 4.5
آپلود عکس