Memperingati 1 Tahun Dapodikmen 2015 (Hari Jadi Aplikasi Dapodikmen ke 1)

Selamat malam sahabat salam satu data, Setelah di sibukkan dengan berbagai Pendataan Sekolah, ternyata tepat pada tanggal 2 Mei 2015 selain Memperingati hari Pendidikan Nasional pada tanggal tersebut menjadi momen penting bagi salah satu Aplikasi Dapodikmen. Setelah Menteri pendidikan meresmikan Aplikasi dapodikmen pada tanggal 2 mei 2014 kini aplikasi dapodikmen sudah berumur 1 tahun.

Meskipun baru berumur satu tahun dapodikmen telah banyak mengalami perubahan sehingga pada tahun ini dapodikmen menjadi salah satu sumber data untuk pencairan dana BOS. Oleh karena itu kevalidan data yang ada di Aplikasi dapodikmen harus di perhatikan tidak hanya ketika pengentrian data namun juga harus di cek di data server melalui hasil sinkronisasi apakah jumlah siswa yang ada di aplikasi dapodikmen sudah sama dengan hasil sinkronisasi.

Jika hasil sinkronisasi masih belum valid atau masih ada data yang salah silahkan langsung melakukan perbaikan dan proses sinkronisasi ulang. Berikut ini adalah sedikit postingan dari pihak Dapodikmen terkait Ulang tahun ke 1 aplikasi Dapodikmen :

Hari Jadi Dapodikmen ke  1

Memperingati hari jadi ke-1 (pertama) Dapodikmen biasanya membawa arti tersendiri bagi setiap operator dapodikmen yang sedang memeringatinya. Ibarat seorang yang beranjak remaja lebih berarti kebahagiaan, menandai bertambahnya usia untuk menjadi lebih dewasa. Ini sering disertai dengan pesta dan kemeriahan menerima peluk cium serta hadiah dari keluarga dan kerabat yang mencintainya. Sungguh momen yang menggembirakan dan mungkin tak terlupakan. Pada momen ini kita ambil tema “DAPODIKMEN CERIA

Dengan tema tersebut, Kita ingin menghadirkan rasa kesadaran (PASSION) untuk menyayangi dan mencintai apa yang sedang dilakukan dalam pendataan melalui Dapodikmen. Dan akan menjadi lebih hebat lagi jika pengoperasian Dapodikmen dijadikan sebuah hobby, tentu kita akan mengerjakannya dengan penuh kenikmatan tanpa beban saat melakukannya. Mari belajar mencinta apa yang kita lakukan dalam pendataan Dapodikmen saat ini.

PASSION memberi kita optimisme luar biasa yang memungkinkan kita menuai capaian-capaian yang extraordinary. PASSION memunculkan produktivitas luar biasa, produktivitas di luar batas kemampuan kita. PASSION membalik beban dan stress menjadi energi kerja yang luar biasa. Passion memberikan kita keyakinan dalam mencapai apa-apa yang kita inginkan. PASSION memicu kita untuk memiliki daya kreasi yang tak mengenal batas.

PASSION IS ABOUT PERFORMANCE.  Orang yang memiliki passion akan memiliki sense of achievement dan selalu tergoda untuk menciptakan karya dan capaian luar biasa. Ia selalu mencari tantangan dan peluang untuk mewujudkan capaian-capaian di luar zona kenyamanan yang melingkupinya. Dalam mewujudkan capaian yang luar biasa mereka tidak memerlukan insentif atau penghargaan dari luar, karena energi untuk mencapai yang terbaik selalu datang dari dalam dirinya sendiri: “Passion is ultimately driven by intrinsic motivation rather than extrinsic rewards”.

PASSION IS ABOUT RISK-TAKING. Bagi orang yang memiliki PASSION, gelas yang terisi air setengahnya, akan dikatakan gelas itu “setengah penuh”, bukannya “setengah kosong”. Segala bentuk tantangan dan risiko akan mereka lihat sebagai “jembatan” untuk mencapai sesuatu yang lebih baik, sesuatu yang sebelumnya tak pernah ada. Karena itu orang yang memiliki PASSION selalu bisa lepas dari segala bentuk krisis dan ketidakmenentuan. “For passionate person, risk becomes reward. They see that risk is the only way to discover new things and explore new territories.”

 PASSION IS ABOUT CONNECTING. Orang yang memiliki PASSION selalu mencari orang lain yang memiliki PASSION yang sama untuk berbagi dan bersama-sama mewujudkan apa yang ingin mereka capai. Ia selalu menyadari bahwa cara terbaik untuk mewujudkan tujuan dan misi adalah dengan berhimpun, berbagi, dan belajar dengan orang lain. “Passion lead us to seek out and connect with others sharing our passion. A passionate person is not a lone hero.”

 PASSION IS ABOUT AUTHENTICITY. PASSION datang dari lubuk hati yang paling dalam, tanpa dibuat-buat, tanpa direkayasa. Ia merupakan “suara hati” yang memberi energi dan tenaga hidup luar biasa. Ketika seseorang memiliki passion terhadap sesuatu hal, maka sesuatu hal itu memberinya makna hidup dan identitas hakiki, dan dengan itu ia mengabdikan dan mengontribusikan seluruh hidupnya untuk orang banyak. Dalam The 8th Habit, Stephen Covey menyebutnya sebagai “voice”. Kata Covey: “Find your Voice, and inspire others to find theirs”.

Semoga Informasi tentang hari jadi Dapodikmen ke 1 2015 di atas bermanfaat untuk semua, Salam SaTu Data.

Share
Memperingati 1 Tahun Dapodikmen 2015 (Hari Jadi Aplikasi Dapodikmen ke 1) | admin | 4.5