Dapodikdasmen (Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah) Penyatuan Aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen 2015

Selamat Malam sahabat salam satu data, perbincangan tentang dua aplikasi sekolah dapodikdas dan dapodikmen tak kunjung surut. Hingga kini kedua aplikasi sekolah tersebut masih berjalan sendiri – sendiri. Dapodikdas telah dahulu dirilis sehingga lebih dahulu di jadikan acuan dasar berbagai kebijakan sekolah terutama dalam penyaluran Dana BOS 2015 dan Penyaluran Berbagai Tunjangan Guru 2015.

Dapodikmen kini juga sudah menjadi acuan untuk penyaluran Dana BOS 2015 terutama untuk periode 3 tahun 2015. Kedua Aplikasi ini rencananya akan diintegrasikan menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen). Informasi ini admin langsir dari website resmi dikdas.kemendikbud.go.id, Penyatuan dua aplikasi ini Seiring penerbitan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2015 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah akan diintegrasikan menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Hal ini disebutkan dalam BAB II (Organisasi), Pasal 4 (d).

Integrasi dua Direktorat Jenderal di atas, berimplikasi pada integrasi berbagai program dan kegiatan yang mulanya ada pada masing-masing Direktorat Jenderal. Salah satu yang akan bergabung adalah Data Pokok Pendidikan jenjang Pendidikan Dasar (Dapodikdas) dan Data Pokok Pendidikan jenjang Pendidikan Menengah (Dapodikmen), menjadi Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen).

Fitur dan struktur data yang sama dari kedua aplikasi ini menjadi salah satu alasan untuk bisa didiintegrasikan menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Yang membedakan hanya startnya saja yang tidak sama. Dapodikdas lebih dahulu muncul sehingga kelengkapan dan kevalidan datanya lebih terjaga.

Diharapkan dalam tahun pelajaran 2015/2016 kedua aplikasi ini bisa dilebur menjadi satu dengan nama  Data Pokok  Pendidikan Dasar dan Menengah atau yang lebih di kenal dengan nama Dapodikdasmen, sehingga lebih memudahkan rekan OPS dalam mengelolanya.

Download Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.0

Semoga Informasi di atas bermanfaat untuk semua dan bisa menjadi wacana kita dalam wawasan Aplikasi Sekolah 2015. Untuk mendapatkan informasi terkait aplikasi sekolah silahkan like page facebook kami di samping. Salam Satu data

Share
Dapodikdasmen (Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah) Penyatuan Aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen 2015 | admin | 4.5

Leave a Reply