Daftar Nama SMA dan SMK yang sudah di Aktifkan dan yang Belum di Aktifkan Di Manajemen Dapodik

Salam Satu Data, selamat siang rekan OPS semua. Kali ini ada berita gembira bagi anda hal ini menindaklanjuti atas informasi yang admin publish sebelumnya tentang Daftar Sekolah SMA dan SMK yang di hapus sementara dari manejemen dapodik. Hal tersebut di lakukan karena sekolah yang bersangkutan tidak mengirimkan data selama satu semester sehingga admin dapodikmen melakukan penghapusan sementara dari dapodik. Namun sekolah yang masuk dalam daftar bisa melakukan perbaikan.

Ada sekitar 1.576 entitas Satuan Pendidikan/Sekolah dengan kreteria tertentu. Mekanisme ini dimaksudkan untuk melakukan validasi jumlah Satuan Pendidikan/Sekolah jenjang menengah yang aktif/ada/hidup dan operasional serta  Satuan Pendidikan/Sekolah  yang telah tutup/tidak beroperasi lagi. Satuan Pendidikan/Sekolah yang aktif/operasional dicirikan dengan data profil sekolah dan dokumen pendukung (SK Pendirian, SK Ijin Opaersional) serta data Dapodik sekolah tersebut terisi dengan lengkap dan up to date. Hal ini untuk memastikan bahwa Satuan Pendidikan/Sekolah tersebut terakomodir dan tidak terlewatkan dari program-program di Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan seperti BOS, PIP, UN dan lain sebagainya dimana pada transaksionalnya menggunakan data dari Dapodik. Sebaliknya untuk sekolah yang sudah tutup/tidak beroperasi lagi maka entitas sekolah tersebut akan dihapus dari Manajemen Dapodik untuk menghindari kesimpang siuran data dan program salah sasaran

Berikut ini Informasi dari admin dapodik SMA dan SMA terkait Pengaktifan kembali sejumlah sekolah SMA dan SMK di dapodik yang admin langsir dari website resmi dapo.dikmen.kemdikbud.go.id :

Berikut ini kami sampaikan progress/perkembangan aktifasi dari 1.576 Satuan Pendidikan/Sekolah  yang terkena penghapusan sementara. Progress per hari ini tanggal 16 September 2016 Pukul 08.00 WIB yang telah melakukan aktifasi sebanyak 815 Sekolah (daftar terlampir) dan yang belum melakukan aktifasi sebanyak 761 sekolah (daftar terlampir). Sehubungan dengan hal ini mohon kerjasama dari Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota atau Kepala Sekolah untuk melakukan pengecekan Satuan Pendidikan/Sekolah di wilayah masing-masing. Apabila ditemui bahwa ada Satuan Pendidikan/Sekolah yang masik aktif/beroperasi dan masuk daftar yang dihapus, maka segera melakukan langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali Satuan Pendidikan/Sekolah tersebut dengan cara sebagai berikut:

1. Cek dan update kelengkapan dokumen Satuan Pendidikan/Sekolah (SK pendirian, tanggal SK pendirian, SK izin operasional dan tanggal SK izin operasional) di laman: http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/. Dan jika belum lengkap/kosong/salah maka lakukan pembenahan dan lampirkan/up load file dokumen pendukungnya. Caranya silahkan akses pada laman : http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ dan login menggunakan akun yang telah diregistrasi pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Setelah login, klik pada Menu >> Pengelolaan >> Perbaikan Data, maka ditampilkan Form Perbaikan Data Identitas. Pada Bagian Dokumen, silahkan isikan/update data SK Operasional, Tanggal SK Operasional, SK Pendirian, Tanggal SK Pendirian kemudian lampirkan dokumen pendukungnya dan simpan. 

2. Setelah melakukan Vervalsp, maka dapat melaporkan lewat forum Helpdesk Dapodikmen di laman: http://helpdesk.dikmen.kemdikbud.go.id/helpdesk atau dapat ke email:  datadikmen@kemdikbud.go.id

3. Dapat menghubungi layanan Helpdesk Dapodik SMA-SMK pada hari kerja pukul 10.00 WIB s/d 15.00 WIB (telephon atau Whatsapp dan mohon tidak SMS).

a. Sdr. Andik Purwanto dengan HP 081357577437

b. Sdr. Muhammad Ikhsan   dengan  HP. 082113280354

c. Sdr. Herman dengan HP. 082285763772

4. Untuk bantuan teknis dapat menghubungi Tim Relawan Dapodik SMA-SMK di daerah masing-masing, daftar tim relawan disini.

5. Satuan Pendidikan/Sekolah yang telah diaktifkan kembali entitasnya harus segera melakukan pemutakhiran data Tahun 2015/2016 dan melakukan sinkronisasi.

 

Satuan Pendidikan/Sekolah yang terkena penghapusan sementara ini dan tidak melakukan langkah-langkah aktifasi sebagaimana diuraikan di atas, maka entitas Satuan Pendidikan/Sekolah tersebut dianggap sudah tutup/tidak beroperasi lagi dan akan dihapus secara permanen. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

SALAM SATU DATA

Kasubag Data dan Informasi

Setditjen Dikdasmen

 

 

Satriyo Wibowo

Berikut ini daftar SMA dan SMK yang di aktifkan kembali di manajemen Dapodik dan SMA dan SMK yang belum di aktifkan kembali di manajemen Dapodik. Silahkan download daftarnya di bawah ini:

Update : Per Tanggal 28 September 2015 Sudah 1036 Sekolah Yang di aktifkan kembali sisa sekolah yang belum aktif adalah 548 Sekolah.

Download daftar sekolah yang sudah aktif

Download daftar sekolah yang belum aktif

Semoga Informasi di atas bermanfaat untuk semua, bagi sekolah yang masuk dalam daftar silahkan melakukan proses sesuai prosedur dari admin dapodik, jangan sampai sekolah anda di hapus secara permanen dari Sistem Manajemen Dapodik SMA dan SMK. Salam Satu Data
Share
Daftar Nama SMA dan SMK yang sudah di Aktifkan dan yang Belum di Aktifkan Di Manajemen Dapodik | admin | 4.5