Tips Untuk Menghilangkan Malas Belajar

Tips Untuk Menghilangkan Malas Belajar – Sebagai seorang pelajar, anda tentu pernah mengalami rasa malas untuk belajar.Anda kadang mengalami rasa bosan dan malas untuk mengulang pelajaran atau menyelesaikan tugas-tugas sekolah anda. Anda perlu mengetahui tips menghilangkan malas belajar yang alami tersebut. Penyebab malas belajar itu bermacam-macam, biasanya berasal dari diri sendiri juga dari lingkungan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa penyebab malas belajar :

  1. Sudah merasa lelah
  2. Mempunyai fasilitas yang berlebih misalnya gadget maupun mainan yang canggih.
  3. Lingkungan rumah yang tidak kondusif
  4. Beban disekolah yang berlebihan
  5. Belum tahu cara belajar yang cocok, strategi belajar yang cocok, serta belum ada lingkungan yang memacu untuk belajar.

Berikut tips untuk menghilangkan malas belajar, yaitu:

  1. Membuat tujuan tertulis

Tips untuk menghilangkan malas belajar yang pertama adalah membuat tujuan tertulis.Ini agar anda bisa tahu tujuan anda belajar.Anda bisa menulis tujuan-tujuan anda yang ingin dicapai dalam setiap pelajaran, serta membuat tujuan berapa nilai yang ingin anda capai dalam setiap pelajaran di kelas.

  1. Strategi belajar

Strategi belajar juga wajib anda buat, karena strategi belajar yang anda buat akan mempengaruhi belajar anda. Strategi belajar yang tepat tentu akan membuat anda mudah menyerap pelajaran dan membuat anda nyaman ketika belajar.

  1. Membuat prioritas belajar

Tips untuk menghilangkan malas belajar selanjutnya yaitu membuat prioritas belajar.Ini juga penting anda lakukan. Misalnya dengan membuat prioritas untuk belajar mata pelajaran yang sulit atau mudah dulu, dengan membuat prioritas ini diharapkan tidak akan membuat anda malas dan bosan di tengah-tengah waktu anda belajar.

  1. Posisi belajar

Buatlah posisi belajar anda yang senyaman mungkin, posisi yang duduk sangat tepat untuk belajar anda. Usahakan mengganti posisi belajar setiap beberapa menit atau ketika anda merasa capek, serta jangan belajar dengan posisi berbaring atau tidur-tiduran karena tentu akan membuat anda merasa malas dan mengantuk.

  1. Berdo’a

Selalu berdo’a ketika akan mulai dan mengakhiri belajar, ini juga bermanfaat untuk menghilangkan malas yang anda rasakan.

Demikian tips untuk menghilangkan malas belajar, semoga tips menghilangkan malas belajar tersebut bermanfaat untuk anda.

Share
Tips Untuk Menghilangkan Malas Belajar | admin | 4.5

Leave a Reply