Tips Mengajar Yang Menyenangkan

Tips Mengajar Yang Menyenangkan – Bagi kebanyakan siswa, memiliki guru yang bisa mengajar dengan menyenangkan adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Mereka lebih suka belajar dengan guru yang bisa memberikan joke ditengah-tengah pelajaran, sehingga tidak akan merasa penat berjam-jam menerima materi. Dibandingkan dengan guru jenius yang hanya menuliskan rumus dan menjelaskan seadanya. Beberapa tips mengajar yang menyenangkan mungkin bisa membantu anda agar bisa lebih menyenangkan dimata murid anda.

Berikut merupakan berbagai tips mengajar yang menyenangkan yang bisa anda coba sebagai guru :

  1. Membuat Siswa Aktif

Siswa yang hanya menerima pelajaran dengan mendengar dan mencatat biasanya akan menjadi cepat bosan hingga mengantuk. tips mengajar yang menyenangkan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memaksa siswa menjadi lebih aktif. Contohnya dengan membuat kuis dadakan ditengah pelajaran dan memberikan bonus nilai. Dengan begini maka siswa anda akan menjadi merasa lebih bersemangat.

  1. Bersikap Santai

Siapa yang menyukai anda jika anda masuk ruangan dengan tampang sangar dan menyebalkan? Mulailah pelajaran dengan santai dan tidak memberikan jarak yang terlalu jauh dengan siswa. Anda harus memahami bahwa, akan lebih baik dihargai daripada ditakuti.tips mengajar yang menyenangkan kedua ini akan memuat anda lebih dekat dengan murid dan bisa mendapatkan formula yang tepat agar seluruh siswa anda bisa menerima materi yang anda berikan.

  1. Mau Mendengarkan

Meskipun anda adalah seorang guru, bukan berarti anda merupakan satu-satunya orang yang berhak untuk berbicara ataupun mengeluarkan pendapat. Para siswa juga berhak untuk mengutarakan apa yang ada dibenak mereka. Dengan tips mengajar yang menyenangkan mau mendengarkan ini, anda akan lebih memahami apa yang dibutuhkan oleh siswa anda.

  1. Belajar Di Luar Kelas

Tahukah anda mengapa siswa anda sangat bersemangat ketika pelajaran olahraga? Hal itu disebabkan mereka bisa mengekspresikan diri mereka lewat benda-benda atau keadaan yang ada disekitarnya. Untuk tips mengajar yang menyenangkan keempat, tidak ada salahnya anda sesekali mengajak siswa belajar di taman atau lapangan yang tidak jauh dari sekolah. Anda bisa memberikan tugas secara berkelompok dan kemudian mempresentasikannya diruang terbuka. Cara ini akan menjadi sangat menyenangkan.

Semoga bermanfaat.

Share
Tips Mengajar Yang Menyenangkan | admin | 4.5