Tema Hari Sumpah Pemuda Tahun 2016 “Pemuda Indonesia Menatap Dunia”

Ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi muda untuk memenangi “pertarungan” masa depan sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indonesia. Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi. Pasalnya, Indonesia di masa depan sangat membutuhkananak muda yang berintegritas tinggi, serta memiliki mentalitas antikorupsi.Indikasi diperlukannya integritas tinggi dan mentalitas antikorupsi ini terlihat dariproblem korupsi yang kian menggerogoti sendi-sendi kehidupan bangsa. Inilah salah satu upaya untuk memperbaiki wajah Indonesia di masa depan. Karena itu, pemerintah dan institusi pendidikan perlu memfasilitasi terbangunnya mentalitas antikorupsi di kalangan pemuda, pelajar, dan mahasiswa.

Kedua, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni. Para Pemuda misalnya, perlu mendalami studinya secara serius agar menjadi spesialis keilmuan tertentu, yaitu memiliki spesialisasi dalam menguasai suatu bidang pengetahuan secara mendalam sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Para pemuda perlu memiliki skill tertentu untuk bersaing di dunia kerja. Indonesia di masa depan jelas memerlukan generasi muda yang profesional dan menguasai ilmu pengetahuan secara “mendalam” untuk memenangi kompetisi sekaligus
mewujudkan mimpi Indonesia.

Ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional. Karakter ini tidak bisa didapatkan di dalam ruang belajar saja. Kepemimpinan didapatkan dari pengalaman aktivitas keorganisasian, baik di kampus maupun di lingkungan masyarakat. Di situlah para pemuda ditempa untuk menyelesaikan berbagai konflik dan persoalan, diasah kemampuan manajerialnya, dan dilatih untuk peduli dan memahami lingkungan serta masyarakatnya. Di sini pula, kepekaan sosial dan kekritisan sering kali tumbuh. Justru para pemuda dan mahasiswa yang memiliki karakter kepemimpinan inilah yang di masa depan diperlukan untuk menggerakkan masyarakat dalam meraih kesuksesan kolektif sekaligus
menggapai kegemilangan Indonesia.

logo-sumpah-pemuda-2016

Tema Hari sumpah pemuda tahun 2016 adalah  : “Pemuda Indonesia Menatap Dunia”

Sub Tema :
1. Melalui semangat Pemuda adalah implementasi nilai-nilai Sumpah Pemuda dan Undang-Undang Kepemudaan.
2. Pemuda juga menginspirasi semangat sumpah pemuda, memperkuat karakter pemuda Indonesia yang mampu menjaga Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Membangkitkan Indonesia dalam memantapkan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi.
4. Dengan menatap menumbuhkembangkan Pribadi berkarakter, berkapasitas, keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni.
5. Membangun Dunia karakter kepemimpinan pemuda yang peduli dan profesional.
6. Mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinnekaan.
7. Memacu pemuda sebagai pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia.
8. Sukseskan HSP ke-88 tahun 2016 sebagai tahun kebangkitan ekonomi pemuda.
9. Melalui semangat sumpah pemuda kita perkokoh persatuan bangsa untuk mensukseskan pembangunan pemuda yang berkelanjutan.
10. Melalui sumpah pemuda kita wujudkan pemuda yang maju, mandiri dan profesional.
11. Tingkatkan solidaritas, integritas dan profesionalitas pemuda menuju bangsa yang sejahtera dan negara yang bermartabat.

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh Buku pedoman peringatan HAri Sumpah Pemuda 2016 di bawah ini :

Pedoman HSP ke 88 Tahun 2016.pdf

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Semua . Salam Satu data

Share
Tema Hari Sumpah Pemuda Tahun 2016 “Pemuda Indonesia Menatap Dunia” | admin | 4.5

Leave a Reply