Sekolah dasar (SD) Pengertian dan Daftar Pelajaran Kelas 1 sampai 6

Sekolah dasar atau SD adalah jenjang paling dasar pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar (SD) ditempuh dalam kurun waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Sekarang ini siswa kelas 6 diharuskan ikut dalam Ujian Nasional (UN) yang akan memengaruhi kelulusan para siswa. Selanjutnya lulusan sekolah dasar bisa meneruskanke pendidikan tingkat SLTP.

Siswa sekolah dasar bisanya berumur 7 sampai 12 tahun. Setiap warga negara Indonesia yang berumur 7 sampai 15 tahun wajib ikutdalam pendidikan dasar, yaitu sekolah dasar selama 6 tahun serta sekolah menengah pertama dalam kurun waktu 3 tahun.

Sekolah dasar (SD) diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta. Semenjak diberlakukannya otonomi daerah di tahun 2001, sekolah dasar dikelola oleh Departemen Pendidikan Nasional, namun sekarangSekolah dasar (SD) telah menjadi tanggunganpemerintah daerah kabupaten atau kota dalam mengelolanya.

Sedangkan Departemen Pendidikan Nasional berperan menjadi regulator di bidang standar nasional pendidikan. Dansecara struktural, SD (Sekolah Dasar) Negeri adalah unit pelaksana teknis dinas pendidikan kabupaten atau kota.
Di masa penjajahan kolonial, sekolah dasar disebut dengan Europeesche Lagere School atau disingkat ELS. Lalu di masa penjajahan Jepang sekolah dasar dikenal dengan nama Sekolah Rakyat atau SR. Dan semenjak 13 Maret 1946

Sekolah Rakyat atau SR dirubah menjadi Sekolah Dasar atau SD.

Mata pelajaran atau kurikulum SD yaitu :
1. Agama
2. Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK)
6. Jasmani dan Kesehatan
7. Matematika
8. Bahasa Daerah
9. Bahasa Asing
10. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
11. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
12. Sejarah
13. Seni Budaya dan Keterampilan
Mata pelajaran atau kurikulum sekolah dasar 2013 :
1. Pendidikan Agama
2. Bahasa Indonesia
3. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
4. Matematika
5. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
6. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
7. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
8. Seni Budaya dan Keterampilan

Di Indonesia, pendidikan dasar dibagi menjadi dua yakni Sekolah Dasar Negeri yang dikelola oleh pemerintah dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri yang dikelola masyarakat ataudisebut dengan Sekolah Dasar Swasta/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta.

Sekolah dasar (SD) ada dibawah Kemendikbud sedangkan MI ada dibawah Kemenag. Selain itu, ada juga sekolah dasar yang berada dibawah lingkup Kemendikbud dengan ciri khas agama atau disebut Sekolah Dasar Islam, Sekolah Dasar Kristen, dan lain sebagainya.
Karena letak geografis Indonesia, permasalahan terbesar yang terjadi dalam hal pendidikan yaitutidak meratanya guru di daerah yang terpencil, bahkan walaupun pemerintah sudahmenunjukkan bahwa ada guru yang diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS, namun
masih ada guru yang belum juga diangkat seperti guru honorer yang memperoleh gaji hanya 100.000 rupiah saja per bulannya.

APBN sudah mengalokasikan dana sebesar 20% untuk pendidikan setiap tahunnya, akan tetapi pendidikan dasar masih didanai dengan dana APBD atau yang dikenal dengan dana BOS. Besarnya dana pendidikan dengan APBD sangat minim dan terbatas,terkecuali untuk DKI Jakarta, semua dana APBD masih mengandalkan dana dari Pemerintah Pusat. Maka akibatnya peningkatan fasilitas pendidikan dasar hanya terpusat di Jakarta saja.
Berikut adalah daftar Sekolah dasar (SD) terbaik di daerah Jakarta

1. ACG International School
ACG adalah lembaga jasa pendidikan terkemuka yang mampu memenuhi kebutuhan siswa. Sekolah ACG menawarkan pendidikan akademis yang prestasi serta keunggulan, dan penghargaan yang diraihnya. Sekolah ACG dikembangkan guna meneruskan pendidikan hingga ke universitas ternama. Alamat sekolah Jalan Warung Jati Barat, Taman Margasatwa No.19Ragunan, Jakarta Selatan. Website: http://acgedu.com/ind

2. Australian International School
Australian International School adalah sekolah yang memiliki visi mewujudkan pendidikan kelas dunia sesuai sistem pendidikan yang ada di Australia. Sekarang kita sudah mengenal sekolah inklusif yang setiap anak tanpa memandang ras, kewarganegaraan, agama, serta kemampuan bahasa semuanya dihormati dan didorong guna meraih potensi para siswanya. Alamat Jalan Kemang Timur No.81, Jakarta Selatan. Website: http://ais-indonesia.com

3. Apple Tree Muara Karang
Apple tree adalah sekolah yang didirikan bulan Juli tahun 2000. Sekolah ini mempunyai visi memberikan pendidikan yang lebih baik untuk anak-anak Indonesiasaat ini. Alamat Jalan Muara Karang Blok i1 Selatan No. 26-28 14450 Muara Karang, Jakarta Utara.

4. Bali International School
Bali International School mempunyai sejarah yang selalu membanggakan sejak pada tahun 1985. Semenjak itu sekolah ini sudah berkembang dan saat ini mempunyai berbagai fasilitas terbaik murid sebanyak 330 anak.Meskipun selalu meningkat BIS selalu menjaga suasana ramah dan nyaman dalam pembelajaran. Alamat Jalan Danau Buyan IV, No.15
Denpasar, Bali. Website: http://www.baliinternationalschool.com

5. Bina Bangsa School
Bina Bangsa School merupakan sekolah Internasional di Indonesia, di sekolah inipara siswabisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik dengan lingkungan kekeluargaan.
Sekolah ini menggunakan sistem pendidikan dengan kurikulum Singapura yang sudah terkenal luas dan merupakan sistem pendidikan terbaik dunia dengan kurikulum dwibahasa yang sudah terintegrasi. Alamat Jalan Budi Kav 87 11530 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Website: http://www.binabangsaschool.com.

6. Binus International School
Binus International School menggunakan kata-kata menggali dan menemukan, bahwasekolah ini telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam membangun dasar guna pembelajaran di masa depan.
Kurikulum dari sekolah ini yaituuntuk meningkatkan rasa ingin tahu yang alami siswa serta responsif terhadap minat, pendekatan, dan kemampuan untuk belajar. Alamat Jalan Sultan Iskandar Muda Kav. G-8 12220 Simprug,
Jakarta.Website: http://www.binus-school.net

7. British International School
British International School (BIS) didirikan di Jakarta, yaitu merupakan sekolah yang menggunakan kurikulum dari negara Inggris. Kurikulum di sekolah disesuaikan denganKurikulum Nasional Inggris serta diajarkan lewat International Primary Curriculum.
Fasilitas dan sumber daya yang tersedia dapat membantu siswa untuk ikut dalam kegiatan belajar yang mereka sukai. Alamat Bintaro Jaya Sektor IX, Jalan. Raya Jombang, Ciledug Pondok Aren 15227 Pondok Aren, Tangerang. Website: http://www.bis.or.id

8. Blossom School
Blossom School merupakan tempat untuk belajar yang tidak hanya untuk mendapatkan informasi. Namun membangun pengetahuan anak-anak secara aktif, mampu menggabungkan ide serta konsep baru untuk pemahaman mereka.
Selanjutnya dalam waktu yang cepat para siswa akan membangun ide, konsep mengenai bagaimana sesuatu bisa bekerja dalam lingkungan. Tujuan sekolah ini yaitu untuk memberikan fasilitas sehingga bisa mempersiapkan para siswanya untuk aktif dalam kegiatan belajar mereka.
Alamat Perum Citra Garden 3 Ext Block F No. 1 11840 Kalideres, Jakarta Barat. Website: http://blossom-school.com
9. Bunda Mulia Internasional School
Bunda Mulia Internasional School adalah sekolah bertaraf internasional yang selalu menghargai pendidikan. Kita semua tahu bahwa ada banyak tantangan mempersiapkan para siswa untuk menghadapi di dunia ini.
Saat kekuatan pendidikan menjadi sangat penting supaya kita dapat bertahan, kita yakin bahwa kita jugabutuh keahlian lainnya. Selain itu juga karakter yang lebih baik, keinginan belajar terus-menerus, serta kontribusi positif dalam masyarakat.
Alamat Jalan Lodan Raya No. 2 14430, Penjaringan, Jakarta Utara.
Website: http://bmis.or.id

Itulah beberapa info sekolah dasar (SD) yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda semua, terima kasih.

Share
Sekolah dasar (SD) Pengertian dan Daftar Pelajaran Kelas 1 sampai 6 | admin | 4.5