Program Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) Tahun Pelajaran 2015-2016

Selamat Pagi sahabat Salam Satu Data, Semoga kita semua masih di beri kesehatan sehingga masih bisa beraktivitas tanpa kekurangan susuatu apapun. Hari ini tanggal 27 Juli 2015 merupakan hari pertama sekolah dibuka baik untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA. Pada awal Tahun Ajaran 2015/2016 ini merupakan awal di mulainya aktivitas baru dunia pendidikan.

Tahun Pelajaran 2015-2016 ini akan menjadi tonggak awal kebangkitan pendidikan 1 tahun kedepan sehingga perlu memiliki manejemen yang baik agar menghasilkan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan cita – cita pendidikan. Selain itu Pada Tahun Pelajaran 2015-2016 ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mencanangkan secara resmi Program Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). PBP adalah pembiasaan sikap dan perilaku positif di sekolah, yang dimulai sejak masa orientasi peserta didik baru sampai dengan kelulusan, dari jenjang Sekolah Dasar (SD), sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), dan sekolah pada jalur pendidikan khusus.

Penerapan Penumbuhan Budi Pekerti  pada jenjang SMP, SMA/SMK, dan sekolah pendidikan khusus dilaksanakan melalui kemandirian peserta didik, seperti membiasakan keteraturan dan pengulangan yang dimulai sejak dari masa orientasi peserta didik baru, proses kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler, sampai dengan kelulusan. Sedangkan pada jenjang SD, metode pelaksanaan berupa mengamati dan meniru perilaku positif guru dan kepala sekolah sebagai contoh langsung dalam membiasakan keteraturan dan pengulangan (konsisten).

Lingkup kegiatan PBP dibagi menjadi tujuh, yaitu menumbuhkembangkan nilai moral dan spiritual, menumbuhkembangkan nilai kebangsaan dan kebhinekaan, mengembangkan interaksi positif antar peserta didik, merawat diri dan lingkungan sekolah. Selanjutnya mengembangkan potensi diri peserta didik secara untuk, serta pelibatan orang tua dan masyarakat di sekolah.

Semoga Informasi tentang Tahun Pelajaran 2015-2016 serta program Mendikbud tentang Program Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) Pada awal Tahun Ajaran Baru bermanfaat untuk semua sehingga bisa menjadi referensi dalam mempersiapkan agenda di Tahun Ajaran Baru ini. Salam Satu Data

Share
Program Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) Tahun Pelajaran 2015-2016 | admin | 4.5