Program Indonesia Pintar Kemenag ( PIP Kemenag )

Program Indonesia Pintar atau sering di sebut dengan istilah PIP adalah Bantuan Uang tunai dari pemerintah yang di berikan kepada siswa atau peserta didik dimana orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya. Program Indonesia Pintar merupakan kelanjutan dari program bantuan Siswa miskin (BSM).  Untuk bisa mendapatkan bantuan dari PIP ini peserta didik harus mempunyai Kartu Indonesia Pintar.  Kartu Indonesia Pintar bisa di dapat jika Orang Tuanya memiliki Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) dari dinas terkait.

Tujuan dari Program Indonesia Pintar adalah membantu anak agar tidak terputus sekolah dari usia 6 tahun hingga 21  tahun untuk menunjang tuntas belajar 12 tahun. Kriteria siswa yang mendapat Kartu PIP adalah anak dengan usia 6 – 21 tahun dengan kriteria sebagai berikut :

  • Siswa atau anak dari keluarga pemegang Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) atau KPS
  • Anak / Siswa dari keluarga peserta Program keluarga harapan (PKH).
  • Siswa yang berstatus yatim, piatu, yatim piatu dari panti asuhan/sosial.
  • anak yang tidak sekolah untuk kembali diharapkan bersekolah
  • anak yang terkena dampak ekonomi akibat bencana alam
  • Siswa dari keluarga miskin yang rentan putus sekolah.

Bagi sekolah di bawah naungan kemenag (kementrian Agama ) yang mempunyai kendala atau pertanyaan bisa di laporkan melalui website resmi Program Indonesia Pintar Kemenag dengan alamat http://indonesiapintar.kemenag.go.id/ di dalam situs tersebut anda bisa mengajukan pertanyaan atau ingin mengadukan berbagai persoalan terkait Program Indonesia Pintar (PIP). Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengadukan persoalan mengenai PIP yaitu melalui SMS dan secara ONline.

Semoga Informasi mengenai Program Indonesia Pintar Kemenag di atas bermanfaat untuk semua, jangan lupa like page facebook di samping untuk mendapatkan informasi terkait pendidikan di INdonesia. Salam Satu data.

Share
Program Indonesia Pintar Kemenag ( PIP Kemenag ) | admin | 4.5