Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia / Internasional Tahun 2016

Selamat siang sahabat salam satu data, Pada kesempatan ini admin ingin berbagi informasi tentang peringatan salah satu momen penting di bulan Desember. Mungkin di antara kita sudah mengetahui HAM ( Hak Asasi Manusia ). Menurut Salah Satu Ahli yang bernama John Locke. Menjelaskan bahwa HAM ialah hak-hak yang langsung diberikan Tuhan yang esa kepada manusia sebagai hak yang kodrati. Oleh karenanya, tidak ada kekuatan apapun di dunia yang bisa mencabutnya. HAM ini sifatnya fundamental atau mendasar bagi kehidupan manusia dan pada hakikatnya sangat suci.

HAM juga di bedakan berdasarkan jenisnya yaitu :

a. Hak asasi pribadi (personal rights)
Hak asasi pribadi mencakup hak kebebasan beragama, beribadat sesuai keyakinan masing-masing, menyatakan pendapat, serta kebebasan berserikat atau berorganisasi.

b. Hak asasi ekonomi (property rights)
Hak asasi ekonomi mencakup hak untuk mempunyai, suatu hal, hak beli atau jual sesuatu, dan hak untuk mengadakan perjanjian atau kontrak.

c. Hak asasi untuk memperoleh perlakuan yang sama didalam hukum dan pemerintahan (rights of legal equality).
Hak asasi untuk memperoleh perlakuan yang sama didalam hukum serta pemerintahan di kenal dengan hak kesamaan hukum. Umpamanya, tak ada diskriminasi atau pembeda di muka hukum.

d. Hak asasi politik (political rights)
Hak asasi politik yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan, hak memllih serta dipilih dalam pemilu, hak untuk mendirikan partai politik, dan hak untuk mengajukan petisi, kritik atau rekomendasi pada pemerintah.

e. Hak asasi sosial dan kebudayaan (social/and cultural rights)
Contohnya hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk mengembangkan kebudayaan, serta hak mendapatkan jaminan sosial.

f. Hak asasi untuk memperoleh perlakuan tata. langkah serta perlindungan hukum prosedural rights)
Contohnya hak untuk mendapatkan penasihat hukum untuk yg terlibat proses hukum dan  hak tidak untuk di tangkap sewenang-wenang

hari-hak-asasi-manusia-ham-sedunia-internasional-10-desember-2016

Dalam Rangka untuk melindungi  Hak Asasi Manusia (HAM) maka setiap tanggal 10 Desember dirayakan tiap tahun oleh banyak negara di seluruh dunia. Hal tersebut dinyatakan oleh International Humanist and Ethical Union (IHEU) sebagai hari resmi perayaan kaum Humanisme.

Tanggal ini dipilih untuk menghormati Majelis Umum PBB yang mengadopsi dan memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, sebuah pernyataan global tentang hak asasi manusia, pada 10 Desember 1948. Peringatan dimulai sejak 1950 ketika Majelis Umum mengundang semua negara dan organisasi yang peduli untuk merayakan.

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2016 jatuh pada hari sabtu tanggal 10 Desember 2016 . Untuk acara maupun kegiatan apa saja dalam rangka memeriahkan Hari HAM 2016 akan admin Update pada postingan selanjutnya . Salam Satu Data

Share
Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia / Internasional Tahun 2016 | admin | 4.5
آپلود عکس