Peran Guru dalam Pembelajaran

Peran Guru dalam Pembelajaran – Guru adalah seseorang pendidik profesional yang mempunyai tugas utama untuk mendidik, membimbing, mengajar, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru sendiri bukan hanya seorang pengajar dilingkungan formal tetapi juga dilingkungan informal. Peran guru dalam pembelajaran sangat penting, karena peran yang dilakukan oleh seorang guru akan menentukan kesuksesan dalam proses belajar mengajar.

Berikut peran guru dalam pembelajaran, yaitu:

  1. Merencanakan pembelajaran

Peran guru dalam pembelajaran yang pertama adalah merencanakan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang dibuat sebagai antisipasi dan perkiraan tentang apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran. Sehingga nantinyaakan tercipta situasi yang nantinya akan terjadi proses belajar, yang akan membuat siswa menuju sesuatu yang diharapkan.

Merencanakan pembelajaranmeliputi:

  • Tujuan yang hendak dicapai dalam proses pembelajaran
  • Materi pembelajaran apa yang dapat membantu siswa mencapai tujuan dari belajar
  • Tentang bagaimana proses pembelajaran yang akan dibuat oleh seorang guru agar siswa dapat mencapai tujuan dari belajar secara efektif dan seefisien mungkin.
  • Bagaimana menciptakan serta menggunakan alat evaluasi yang bermanfaat untuk mengetahui serta mengukur apakah tujuan tercapai atau tidak.
  1. Melaksanakan pembelajaran

Peran guru dalam pembelajaran berikutnya yaitu melaksanakan pembelajaran. Melaksanakan pembelajaran harus sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Situasi yang dihadapi oleh guru juga mempengaruhi suksesnya proses belajar mengajar. Suksesnya dalam pelaksanaan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor kurikulum, serta faktor lingkungan.

  1. Evaluasi pembelajaran

Peran guru dalam pembelajaran yang terakhir yaitu melakukan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran ini berfungsi untuk mengetahui apakah siswa dapat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, mengetahui apakah kondisi yang diciptakan dalam pembelajaran dapat membuat siswa untuk belajar, mengetahui apakah prosedur pembelajaran yang dibuat berjalan dengan baik, serta mengetahui dimana letak hambatan, untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam melakukan evaluasi pembelajaran penilaian yang dilakukan harus adil dan juga objektif.

Itulah peran guru dalam pembelajaran, begitu beratnya peran guru sehingga hendaknya peran-peran tersebut dapat dijadikan motivasi dan tantangan terutama untuk calon guru.

Share
Peran Guru dalam Pembelajaran | admin | 4.5

Leave a Reply