Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli

Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli – Mahasiswa adalah status seseorang berdasarkan jenjang pendidikannya.Mahasiswa sendiri adalah seseorang yang menuntut pendidikan disebuah perguruan tinggi baik itu universitas,institus maupun akademi. Ada beberapa pengertian mahasiswa menurut para ahli, yaitu:

  1. Pengertian mahasiswa menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mahasiswa adalah seseorang yang belajar di perguruan tinggi, di dalam struktur pendidikan di Indonesia mahasiswa memegang status pendidikan tertinggi diantara yang lain.
  1. Pengertian mahasiswa menurut Knopfemacher adalah seseorang calon sarjana yang dalam keterlibatannya dengan perguruan tinggi yang didik dan diharapkan untuk menjadi calon-calon yang intelektual.
  1. Pengertian mahasiswa menurut Sarwono. Mahasiswa adalah setiap orang yang secara terdaftar untuk mengikuti pelajaran disebuah perguruan tinggi dengan batasan umur sekitar 18 – 30 tahun. Mahasiswa merupakan suatu kelompok dalam masyarakat yang memperolehstatusnya, karena adanya ikatan dengan suatu perguruan tinggi. Mahasiswa juga merupakan calon-calon intelektual atau calon cendekiawan muda dalam suatu lapisan masyarakat yang sering kali juga syarat dengan berbagai macam predikat.

Dari semua pengertian mahasiswa menurut para ahli tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa adalah, status yang disandang seseorang karena belajar disebuah perguruan tinggi.

Mahasiswa juga mempunyai peran dan fungsi, yaitu:

  1. Sebagai agen of change, yaitu mahasiswa harus dituntut sebagai agen perubahan yang bersifat positif dalam masyarakat.
  2. Sebagai iron stock, yaitu mahasiswa harus menjadi pengganti orang-orang yang memimpin sebelumnya atau bisa dikatakan sebagai generasi penerus bangsa.
  3. Sebagai social control, yaitu mahasiswa mampu penjadi pengontrol social masyarakat sekitar jadi mahasiswa tidak hanya pintar di bidang akademik saja tetapi harus bisa bersosialisasi dengan lingkungan.
  4. Sebagai moral force, yaitu mahasiswa harus bisa menjaga nilai-nilai moral yang sudah ada. Itu berarti mahasiswa dituntut untuk merubah hal-hal yang tidak bermoral dilingkungan masyarakat sesuai dengan moral-moral yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat.

Menjadi mahasiswa merupakan hal yang tidak mudah karena mahasiswa dituntut untuk membawa perubahan yang lebih baik tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga masyarakat dan bangsa.

Demikian pengertian mahasiswa menurut para ahli, semoga penjelasan mengenai pengertian mahasiswa menurut para ahli tersebut dapat menambah wawasan anda.

Share
Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli | admin | 4.5