Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik – Pembelajaran tematik bisa disebut sebagai pembelajaran yang menyenangkan dimana akan dilakukan secara tematik dengan proses yang nantinya dikaitkan dengan mata pelajaran hingga perkembangan sang siswa bahkan hingga kehidupan sosialnya.

Berikut merupakan beberapa karakteristik dari Pembelajaran tematik :

  • Terfokus Pada Siswa

Karakteristik utama Pembelajaran tematik adalah memfokuskan proses belajar mengajar pada para siswa. Hal tersebut juga sangat sesuai dengan sistem pembelajaran modern yang memang menjadikan siswa sebagai subjek utama belajar.

Disini, guru lebih banyak berperan sebagai fasilitator yang memberikan kemudahan siswanya dalam belajar. Dengan begini, tentu saja siswa menjadi lebih bebas dalam mengembangkan diri, tent saja masih di bawah pengawasan guru.

  • Memberikan Pengalaman Langsung

Karena Pembelajaran tematik memang berkonsep untuk memfokuskan pada siswa, maka siswa akan mendapatkan pengalaman secara langsungterhadap materi yang diberikan dan membuatnya menjadi lebih mudah untuk menyerapnya.

Tentu saja anda akan lebih memahami sesuatu jika anda mengalaminya dengan nyata ataupun konkrit bukan?

  • Menyajikan Konsep Beragam

Pada Pembelajaran tematik juga bisa menyajikan konsep yang sangat beraneka dalam satu kali pembelajaran. Bahkan anda juga bisa mengkaitkan satu pelajaran dengan pelajaran yang lainnya. Dengan hal seperti itu, maka siswa akan bisa memahamiberbagai materi dan juga konsep dengan lebih utuh.

  • Bersifat Luwes

Karena guru serta siswa dapat mengkaitkan antar konsep dan materi, maka pembelajaran akan menjadi lebih fleksibelatau luwes. Tidak hanya mengenai materi, Pembelajaran tematik ini juga bisa dikaitkan dengan issue yang sedang terjadi, kehidupan sosial yang dialami oleh siswa dan lain sebagainya.

Beberapa landasan yang digunakan pada Pembelajaran tematik adalah sebagai berikut :

  • Landasan Filosofis

Aspek filsafat juga merupakan hal penting di dalam Pembelajaran tematik. Bisa dibilang perumusan kompetensi ataupun tujuan sangat bergantung dengan landasan filosofis ini.

  • Landasan Psikologis

Dalam Pembelajaran tematik, tingkah laku manusia juga tidak boleh dikesampingkan. Landasan ini akan digunakan sebagai acuan untuk menentukan apa saja yang nantinya harus dikembangkan dalam Pembelajaran tematik ini. Anda sebagai guru adalah orang pertama yang bertugas dalam mengembangkan setiap materi dan juga siswa.

Semoga bermanfaat.

Share
Pembelajaran Tematik | admin | 4.5

Leave a Reply