Macam-Macam Strategi Pembelajaran

Macam-Macam Strategi PembelajaranPada kegiatan belajar mengajar, tentu dibutuhkan macam-macam strategi pembelajaran yang akanmenunjang lancarnyakegiatan belajar mengajar.Macam-macam strategi pembelajaran ini tentu saja dipilih berdasarkan siswa anda dan kemampuannya dalam memahami materi yang sudah diajarkan.

Jika anda bisa memilih macam strategi pembelajaran yang tepat, bukan tidak mungkin siswa-siswa anda mengalami peningkatan nilai akademik yang signifikan. Berikut merupakan macam-macam strategi pembelajaran yang perlu anda pahami :

  1. Strategi Pembelajaran Afektif

Strategi ini merupakan metode dimana dimana anda sebagai guru akan menekankan sikap dalam proses belajar mengajar. Dengan begini, diharapkan para siswa mendapatkan nilai tingkah laku yang baik, yang nantinyaakan mereka butuhkan pada kehidupan mereka dimasa yang akan datang.

Macam-macam strategi pembelajaran ini juga menuntut guru untuk bisa melakukan inovasi dalam caranyamemberikan pelajaran, agar para siswa tidak merasa kebosanan dan target pelajaran dapat tercapai.

  1. Strategi Pembelajaran Inkuiri

Pada macam-macam strategi pembelajaran kedua ini, akan menekankan sikap kritis dan berani berpendapat ketika sedang menerima suatu materi pelajaran.Tidak hanya kritis, namun sikap menganalisa juga dibutuhkan pada strategi pembelajaran kedua ini supaya siswa dapat menemukan jawaban yang dilemparkan sewaktu-waktu.Dengan strategi ini, diharapkan guru dan siswa dapat memiliki hubungan yang lebih dekat dan berkomunikasi dengan baik.

Keunggulan dari strategi ini diantaranya dianggap dapat membangun beberapa aspek yang penting bagi siswa, mampu berkembang sesuai dengan semakin modernnya jaman, memberi ruang bagi siswa dan lain sebagainya.

  1. Strategi PembelaaraEkspositori

Strategi ini bisa juga dikatakan sebagai strategi yang memfokuskan pemberian materi secara verbal.Dengan strategi ini, diharapkan para siswa bisa menerima pelajaran secara lebih jelas.Macam-macam strategi pembelajaran ketiga ini lebih berorientasi pada sang guru.

Kelebihan strategipembelajaran ekspositori ini diantaranya guru bisa lebih mengontrol materi apa yang akan diberikan sesuai dengan urutannya, juga dapat memberikan materi yang jangkauaanya sangat luas sehingga lebih efektif dibandingkan dengan hanya mencatat.

Sedangkan kekurangannya adalah hanya mencakup siswa yang bisa berkonsentrasi menyimak, sedangkan bagi siswa yang terbiasa belajar dengan lebih aktif akan merasa sulit berkonsentrasi sehingga menjadi lebih sulit untuk memahami materi.

Share
Macam-Macam Strategi Pembelajaran | admin | 4.5
آپلود عکس