Macam-Macam Model Pembelajaran

Macam-Macam Model Pembelajaran – Setiap guru, tentu saja memiliki model pembelajarannyasendiri.Tidak bisa ditentukan begitu saja model pembelajaran mana yang merupakan model pembelajaran yang paling baik.Yang pasti, macam-macam model pembelajaran tersebut merupakan model yang dirancang agar para siswa dapat menerimanya dengan optimal.

Model pembelajaran merupakan cara yang dipilih untuk digunakan agar bisa mengaplikasikan rencana pembelajaran yang memang sudah disusun dengan matang, sehingga rencana tersebut bisa menjadi kegiatan atau aktifitas belajar mengajar yang efektif dan optimal. Berikut macam-macam model pembelajaran yang sebaiknya anda pahami sebelum anda menentukan akan menggunakan yang mana.

  1. Numbered Heads Together

Model ini bukanlah model yang asing bagi siswa jaman sekarang. Inti dari macam-macam model pembelajaran NHT ini adalah dengan mengarahkan untuk membentuk kelompok, dan setiap anggota dari kelompok akan tetap memiliki nomor secara individu. Kemudian guru akan memberikan materi, dimana siswa dengan nomor yang sama akan mendapatkan tugas atau persoalan yang sama pula.

Setelah dikerjakan secara berkelompok, maka mereka harus melakukan presentasi dan juga membuka forum diskusi alias tanya jawab.

  1. Examples Non Examples

Macam-macam model pembelajaran kedua ini merupakan model belajar yang membutuhkan materi dengan berbagai bentuk.Seperti diagram, gambar, tabel dan lain sebagainya.Setelah guru memperlihatkan dan sedikit menjelaskan, maka para siswa wajib untuk mencermatinya dan kemudian melakukan diskusi.Melakukan presentasi hingga melakukan bimbingan untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat.

Dengan model ini, siswa dituntut untuk lebih mendengarkan, menganalisis dan menerangkan kembali.Tentu saja ini merupakan metode yang sangat baik untuk dilakukan.

  1. Cooperative Script

Pada macam-macam model pembelajaran ketiga ini, siswa secara berpasangan akansecara bergantian mengikhtisarmateri pelajaran yang diberikan. Dengan model ini, guru akan lebih mudah mengukur kemampuan pemahaman pada setiap muridnya. Guru hanya perlu membagikan materi untuk kemudian dibuat ringkasannyalalu setiap siswa harus membaca ringkasan yang sudah dibuat selengkap-lengkapnya, sedangkan pasangannyaakan berperan sebagai seorang pendengar. Kemudian akan membantu jika ada materi yang terlewatkan atau terlupakan, setelah itu siswa harus saling bertukar peran, lalu yang terakhir baru bisa mendapatkan kesimpulan.

Share
Macam-Macam Model Pembelajaran | admin | 4.5

Leave a Reply