Macam-Macam Metode Pembelajaran

Macam-Macam Metode Pembelajaran – Dalam proses belajar mengajar, ada banyak macam-macam metode pembelajaran yang dikenal.Macam-macam metode pembelajaran ini tentu saja memiliki sisi kelebihan dan sisi kekurangannya tersendiri. Dan anda tidak bisa menentukan metode yang mana yang terbaik dengan mudah, karena setiap orang pun memiliki daya serap materi yang berbeda.

Namun, jika anda ingin menemukan jenis metode pembelajaran mana yang paling tepat untuk anda terapkan, berikut macam-macam metode pembelajaran yang perlu anda ketahui :

  1. Metode Demonstrasi

Seperti namanya, metode ini tentu saja membutuhkan suatu alat yang akan dijadikan sebagai demonstrasi.Macam-macam metode pembelajaran pertama inilumayan mudah untuk dipahami karena penerima materi akan bisa mendapatkan bayangan secara langsung. Pada metode ini juga, biasanya siswa akan lebih berkonsentrasi dan terarah pada demonstrasi yang diberikan, sehingga keberhasilan dalam metode ini lumayan besar.

  1. Metode Ceramah

Macam-macam metode pembelajaran kedua ini bisa dibilang sangat konvensional dan paling banyak digunakan hingga kini.Pada metode ini, sang guru akan menjelaskan materi melalui suaranya dan akan dilakukan terus menerus. Kekurangan dari metode ini adalah, jika sang guru tidak pandai berinovasi maka siswanya akan cepat merasa bosan.

  1. Metode Resitasi

Mungkin nama macam-macam metode pembelajaran yang ketiga ini sedikit asing ditelinga anda. Secara sederhanya, metode ini merupakan metode yang mewajibkan setiap siswa membuat resume dari materi yang sudah diberikan dengan bahasanya sendiri. Dengan begini, diharapkan siswa dapat terus mengingat pelajaran yang sudah diberikan dan membuatnya siswanya lebih mandiri serta memiliki inisiatif.

  1. Metode Diskusi

Metode keempat ini jelas saja bukan metode pembelajaran yang asing bagi anda, anda juga pasti sudah sering melakukannya. Pada metode ini, biasanya guru akan mengangkat suatu topik dan para siswa akan dengan bebas mengeluarkan pemikiran serta pendapatnya. Beberapa saat setelah dimulai, biasanya secara otomatis akan terbentuk kubu untuk mempertahankan pendapatnya masing-masing jika sebelumnya belum dibentuk kelompok.

Dengan macam-macam metode pembelajaran keempat ini, siswa diharapkan untuk berani mengutarakan pemikirannya dan bertanggung jawab dengan apa saja yang sudah keluar dari mulutnya. Metode belajar ini bisa sangat seru jika sang moderator pintar menghidupkan suasana.

Semoga bermanfaat.

Share
Macam-Macam Metode Pembelajaran | admin | 4.5
آپلود عکس