Kelemahan dan Kelebihan BPJS

Kelemahan dan Kelebihan BPJS –  Adanya BPJS saat ini memang sangat membantu dalam menjamin kesejahteraan sosial masyarakat, khususnya masyarakat kelas menengah kebawah.

Meskipun begitu,namun tetap saja ada kelemahan dan kelebihan BPJS yang tidak bisa di pungkiri adanya. Berikut ini beberapa kelemahan dan kelebihan BPJS :

kelemahan dan kelebihan layanan BPJS

  1. Kelemahan
  2. Metode berjenjang

Maksud dari metode berjenjang adalah penggunaan kartu PBJS hanya dapat di gunakan ketika pasien atau peserta BPJS telah melewati pemeriksaan pada pelayanan kesehatan utama, seperti Puskesmas atau klinik baru ke rumah sakit.

  1. Hanya Indonesia

Indonesia adalah satu-satunya negara pencetus kartu BPJS, sehingga kartu inipun hanya dapat di gunakan di Indonesia. Itupun hanya dapat di gunakan pada rumah sakit atau layanan kesehatan yang bekerja sama dengan kantor BPJS.

  1. Antri

Salah satu kelemahan BPJS yang sering kali di keluhkan adalah antrian yang selalu panjang.Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat enggan menggunakan kartu BPJS.

  1. Jarang mendapat kelas 1

Selain antrian yang begitu panjang, peserta BPJS juga akan mendapat perlakuan yang berbeda di segi ruangan dan perawatan. Yaitu dengan pelayanan dan ruang perawatan non 1.

  1. Kelebihan
  2. Murah

Seperti tujuan utama BPJS, yaitu untuk menjamin kesejahteraan sosial masyarakat atau menjamin kesehatan masyarakat.Oleh sebab itulah kelebihan utama dari BPJS adalah memberikan biaya murah pada peserta BPJS ketika berobat.

  1. Wajib

Wajib memiliki kartu BPJS juga termasuk kelebihan BPJS, karena dengan  di buat secara wajib maka seluruh masyarakat bisa menggunakan kartu BPJS.

  1. Tanpa medical check-up

Untuk bisa menggunakan kartu BPJS anda tidak harus melakukan medical check-up yang biasanya membutuhkan waktu cukup lama. Anda bisa langsung menggunakan kartu BPJS ketika persyaratan lain sudah terpenuhi.

  1. Seumur hidup

Jaminan kesehatan yang di berikan oleh BPJS adalah dalam jangka waktu seumur hidup. Lain dengan asuransi swasta yang biasanya akan memberikan batasan waktu 100 tahun.

  1. Tidak ada pengecualian

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa kartu BPJS dapat di gunakan oleh semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Sudah paham bukan dengan kekurangan dan kelebihan BPJS?

Share
Kelemahan dan Kelebihan BPJS | admin | 4.5
آپلود عکس