Juknis KSM Ke 5 Tahun 2016 ( Juknis Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional 2016)

Kompetisi Sains Madrasah kelima tahun 2016 kembali akan digelar dan tahun ini diselenggarakan di kota Pontianak Kalimantan Barat. KSM sebagai wadah melakukan olah pikir dan kreativitas siswa dan siswi madrasah/sekolah dapat menjadi ajang membangun kemampuan mereka dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dengan kompetisi ini madrasah/sekolah diharapkan dapat memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari IPTEK, sehingga pada gilirannya siswa madrasah/sekolah sebagai generasi penerus bangsa ini mampu mengembangkan IPTEK dan secara bersamaan mensinergikannya dengan IMTAQ.

KSM ke-5 tahun 2016 tidak sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini peserta KSM tahun 2016 tidak saja diikuti oleh siswa-siswi madrasah, tetapi juga bisa diikuti oleh siswa-siswi sekolah. Kebijakan ini sesuai dengan hasil kesepakatan antara Kementerian Agama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk kembali pada kebijakan awal bahwa baik KSM yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama maupun Olimpiade Siswa Nasional (OSN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat diikuti oleh siswa siswi madrasah dan sekolah. Demikian pula pada lomba-lomba lainnya yang diselenggarakan oleh kedua instansi tersebut.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2016

Hal lain yang berbeda pada penyelenggaraan KSM tahun ini adalah setiap materi yang dilombakan diberikan juga materi agama Islam, sehingga setiap siswa tidak saja menjawab soal-soal sains tetapi juga soal-soal agama Islam. Hal ini bertujuan agar setiap siswa tidak saja paham ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka juga harus paham dan menguasi ilmu agama Islam.

Bagi rekan yang ingin Membaca Juknis KSM 2016 silahkan download melalui link di bawah ini :

JUKNIS KSM 2016 (Link 1)

JUKNIS KSM 2016 (Link 2)

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi rekan semua, salam satu data

Share
Juknis KSM Ke 5 Tahun 2016 ( Juknis Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional 2016) | admin | 4.5

Leave a Reply