Jamsostek ( Jaminan Sosial Tenaga Kerja )

Salam Satu data, Mungkin di antara kita sering mendengar istilah Jamsostek, salah satu kata di bidang asuransi. Bagi anda yang belum mengetahui Pengertian Jamsostek baik secara umum maupun Pengertian Jamsostek menurut para ahli mudah – mudahan Informasi ini bermanfaat untuk anda.  Secara umum Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek)  adalah program Pemerintah dalam rangka  memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu yang penyelenggarannya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Sedangkan Pengertian Jamsostek Menurut Para Ahli, Dalam hal ini menurut  Imam Soepomo SH : Jaminan Sosial adalah pembayaran yang diterima oleh pihak buruh diluar kesalahanya tidak melakukan pekerjaan, jadi menjamin kepastian pendapatan (income security) dalam hal buruh kehilangan upahnya karena alasan diluar kehendaknya.

Selain itu Menurut Kenneth Thomson, seorang tenaga ahli pada Sekretariat Jendral International Security Association (ISSA), dalam kuliahnya pada Regional Trainning ISSA, seminar tanggal 16 dan 17 Juni 1980 di Jakarta, mengemukakan perumusan jaminan sosial sebagai berikut :

Jaminan Sosial dapat diartikan sebagai perlindungan yang diberikan oleh masyarakat bagi anggota-anggotanya untuk risiko-risiko atau peristiwa-peristiwa tertentu dengan tujuan, sejauh mungkin, untuk menghindari terjadinya peristiwa-peristiwa tersebut yang dapat mengakibatkan hilangnya atau turunnya sebagian besar penghasilan, dan untuk memberikan pelayanan medis dan atau jaminan keuangan terhadap konsekuensi ekonomi dari terjadinya peristiwa tersebut, serta jaminan untuk tunjangan keluarga dan anak”.
Jaminan Sosial tenaga Kerja memberikan hak dan membebani kewajiban secara pasti bagi pengusaha dan tenaga kerja berdasarkan Undang-Undang No. 3 tahun 1992, berupa santunan tunai dan pelayanan medis, sedang kewajibannya adalah membayar iuran.
Program ini memberikan perlindungan bersifat dasar, untuk menjaga harkat dan martabat manusia jika mengalami resiko-resiko sosial ekonomi dengan pembiayaan yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja.

Resiko sosial ekonomi yang ditanggulangi oleh program tersebut terbatas saat terjadi peristiwa kecelakaan, sakit, hamil, bersalin, cacad, hari tua dan meninggal dunia, yang mengakibatkan berkurangnya atau terputusnya penghasilan tenaga kerja atau membutuhkan perawatan medis.

Semoga Informasi tentang Pengertian Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) di atas dapat bermanfaat untuk anda dan bisa menambah wawasan anda dalam dunia asuransi. Jangan lupa like page facebook di samping untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan Indonesia.

Share
Jamsostek ( Jaminan Sosial Tenaga Kerja ) | admin | 4.5