Hari Kesaktian Pancasila 2015 ( Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2015 )

Selamat malam sahabat salam satu data, pada kesempatan ini admin akan memberikan sebuah informasi terkait peristiwa penting yang terjadi di Indonesia. Peristiwa tersebut adalah Hari Kesaktian Pancasila, Kenapa di sebut sebagai hari kesaktian pancasila? bagi anda yang belum mengetahui tentang sejarah Hari Kesaktian Pancasila berikut admin berikan informasinya yang admin langsir dari berbagai sumber. Salah satu sumber adalah wikipedia.org dalam catatan informasi bahwa sebelum terjadinya Hari Kesaktian Pancasila di latarbelakangi oleh sebuah insiden penting yang telah memakan korban dari jendral Angkatan darat di antaranya Panjaitan, Ahmad Yani dan MT Haryono teas , S. Parman, Soeprapto, dan Sutoyo Siswomiharjo.

Jenderal tersebut adalah korban keganasan dari gerakan G30S PKI, Pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibelakangnya. Akan tetapi otoritas militer dan kelompok reliji terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis, untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965–1966.

Setelah melakukan aksi pembunuhan tersebut, pemberontak yang disebut digawangi oleh PKI tersebut berhasil menguasai Kantor Telekomunikasi dan juga Studio RRI. Letkol Untung yang menjadi salah satu bagian aksi gerakan pemberontakan tersebut melalui RRI mengumumkan terbentuknya Dewan Revolusi dan mengumumkan teah berhasil menghentikan upaya “Dewan Jenderal” yang disematkan pada jenderal TNI AD yang akan melakukan aksi kudeta terhadap pemerintah.

Mantan Presiden Soeharto yang saat itu sama-sama menjabat seorang jenderal namanya tidak tercantum dalam daftar tokoh yang harus dilenyapkan oleh pemberontak. Sehingga mungkin Soeharto mendapatkan momentum dengan memegang kendali komando dan melakukan beberapa kebijakan strategi penting yang kemudian berhasil kembali merebut Jakarta dari tangan pemberontak. Dalam waktu sehari dan tanpa harus menggunakan peluru upaya “Dewan Revolusi” berhasil dipatahkan.

Setelah itu tanggal 1 Oktober 1965 tepatnya pada pukul 20.15 WIB malam hari Dinas Penerangan AD melalui RRI mengumumkan bahwa telah terjadi gerakan kontra revolusi yang berhasil menculik enam jenderal senior Indonesia. Tetapi situasi berhasil dikuasai kembali oleh pimpinan AD yang berada di tangan Soeharto saat itu dan mengumumkan lebih lanjut bahwa Presiden Soekarno dan Nasution dalam keadaan aman. Sehingga selamatnya Bangsa Indonesia dari pemberontakan yang terjadi dan berhasil kembali dipulihkan pada tanggal 1 Oktober dijadikan pemerintah sebagai awal mula diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila yang setiap tahunnya selalu kita peringati.

Semoga informasi tentang Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2015 di atas tersebut dalam menambah wawasan kita mengenai sejarah pergerakan Indonesia. Tulisan tentang Artikel Hari kesaktian Pancasila serta Puisi Hari Kesaktian Pancasila akan admin publish pada postingan selanjutnya. Salam satu data

Sumber : wikipedia dan berita.press.

.

Share
Hari Kesaktian Pancasila 2015 ( Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2015 ) | admin | 4.5