Hari Buku Sedunia 2015 (Peringatan Hari Buku Sedunia 2015)

Salam Satu Data, Setelah kemarin admin membuat tulisan tentang peringatan hari Kartini 2015 dan Hari Bumi 2015. Kini admin akan memberikan sebuah informasi tentang pendidikan yaitu tentang Peringatan Hari Buku Sedunia 2015. Peringatan Hari buku di peringati setiap Tanggal 23 April setiap tahunnya.

Buku merupakan sumber Ilmu bagi siapapun yang membaca. Dengan membaca buku kita bisa menambah wawasan kita terutama dalam dunia pendidikan. Seorang siswa yang gemar membaca buku maka dirinya telah membuka wawasan sehingga banyak pengalaman dan ilmu yang di dapat dan bisa di realisasikan dalam hidupnya baik untuk bermasyarakat maupun dalam menunjang masa depan.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Peringatan Hari Buku Sedunia 2015, berikut admin tuliskan sejarah Hari buku sedunia yang admin langsir dari koranmakassaronline.com :

Hari buku Sedunia 2015

Hari Buku Sedunia dirayakan untuk pertama kalinya pada tanggal 23 April 1995. Acara tahunan ini digagas oleh UNESCO untuk mempromosikan budaya membaca, penerbitan, dan hak cipta. Awalnya, ini adalah perayaan Hari Saint George di wilayah Katalonia semenjak abad pertengahan. Tradisinya adalah para pria memberikan mawar kepada kekasihnya.

Pada tahun 1923, tradisi ini mulai berganti untuk menghormati Miguel de Cervantes, seorang penulis yang meninggal dunia pada 23 April. Ternyata, yang memulainya adalah para pedagang buku. Tahun 1925 para perempuan mulai memberikan sebuah buku sebagai pengganti mawar yang diterimanya. Pada masa itu lebih dari 400.000 buku terjual dan ditukarkan dengan 4 juta mawar. Perayaan ini adalah bentuk penghargaan antara penulis, penerbit, distributor, organisasi perbukuan, serta komunitas dan masyarakat umum. Semuanya bekerja sama untuk mempromosikan buku dan literasi, serta meningkatkan nilai–nilai sosial budaya kemanusiaan.

Mulai tahun 1995, melalui Konferensi Umum UNESCO di Paris, tanggal 23 ditetapkan sebagai Hari Buku Sedunia atas dasar tradisi tersebut. Di samping itu, pada tanggal ini beberapa penulis kenamaan berpulang, seperti Shakespeare, Cervantes, Inca Garcilaso de la Vega, serta Joseph Pla dan beberapa penulis juga lahir Vladimir Nabokov, Maurice Druon, Manuel Mejía Vallejo, dan Haldór Laxness. Namun, mengenai tanggal kepulangan Shakespeare dan Cervantes terdapat perbedaan yang tak jauh akibat sistem kalender yang digunakan, yakni Inggris menggunakan Kalender Julian dan Kataloni menggunakan Kalender Gregorian.

sementara Perayaan ini, di Indonesia dimulai pada tahun 2006 yang diprakarsai oleh Forum Indonesia Membaca (FIM). FIM adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang berkonsentrasi pada aktivitas literasi.
Mereka berupaya membuka ruang seluas–luasnya kepada masyarakat dalam penguatan budaya membaca. Sejak tahun 2006, animo dari komunitas literasi, taman bacaan masyarakat, penerbit buku, dan masyarakat umum semakin meningkat, bersama-sama berupaya agar Hari Buku Sedunia Indonesia menjadi sebuah tradisi festival yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya buku dan membaca, serta mengapresiasi dunia perbukuan itu sendiri.

Dan dalam perayaan Setiap tahunnya, UNESCO menetapkan sebuah kota sebagai World Book Capital. Fokusnya adalah pada kaum muda yang diharapkan akan membawa pengaruh positif akan budaya buku, membaca, menulis, dan bahkan daam dunia penerbitan.

Diharapkan melalui peringatan hari buku sedunia ini bisa menjadi motivasi kita untuk lebih gemar membaca buku sehingga kita bisa membuka jendela dunia dan melihat isinya tanpa harus menapak tilas di masing – masing negara dan ilmu itu sendiri.

Semoga Informasi di atas bermanfaat untuk semua dan menjadikan kita rajin membaca buka sejak dini, kapanpun dan dimanapun. Salam Satu data

Share
Hari Buku Sedunia 2015 (Peringatan Hari Buku Sedunia 2015) | admin | 4.5
آپلود عکس