Daftar Nama Pahlawan Pendidikan

Daftar Nama Pahlawan PendidikanPahlawan itu bukan hanya seseorang yang ikut berperang melawan penjajah saja. Pahlawan bisa juga datang dari dunia pendidikan. Pahlawan pendidikan adalah seseorang yang berusaha untuk meningkatkan pendidikan di masyarakat. Tetapi generasi muda sekarang banyak yang tidak mengetahui nama pahlawan pendidikan,mereka lebih mengetahui nama artis daripada nama pahlawan pendidikan.

Berikut daftar nama pahlawan pendidikan untuk menambah pengetahuan anda, antara lain:

  1. Ki Hadjar Dewantara

Untuk daftar nama pahlawan pendidikan yang pertama adalah Ki Hadjar Dewantara. Beliau adalah tokoh pendidikan di Indonesia dan pendiri Taman Siswa, yang merupakan lembaga pendidikan formal pertama di Indonesia. Semboyan yang paling terkenal dari Ki Hadjar Dewantara adalah Tut Wuri Handayani, yang merupakan semboyan pendidikan di Indonesia. Sedangkan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara diperingati sebagai hari pendidikan nasional yaitu setiap tanggal 2 Mei.

  1. A Kartini

Merupakan tokoh pendidikan wanita yang berasal dari pulau Jawa. R.A Kartini juga seseorang yang memperjuangkan emansipasi dan pendidikan untuk wanita. R.A Kartini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

  1. H Hasyim Asya’ri

Daftar nama pahlawan pendidikan yang berikutnya yaitu K.H Hasyim Asya’ri. Beliau adalah pendiri organisasi Islam Nahdlatul Ulama, beliau juga dijuluki sebagai Hadratus Syeikh atau maha guru.

  1. Dewi Sartika

Adalah pahlawan pendidikan yang berasal dari Jawa Barat, beliau juga adalah orang yang mendirikan sekolah perempuan pertama se Hindia Belanda.

  1. H Ahmad Dahlan

Merupakan tokoh yang mendirikan organisasi Muhammadiyah untuk melaksanakan cita-cita pembaruan di seluruh nusantara. Muhammadiyah juga merupakan organisasi yang bergerak di bidang social dan pendidikan.

  1. Oto Iskandar di Nata

Oto Iskandar di Nata merupakan menteri Negara pertama pada kabinet yang pertama pada tahun 1945.

  1. Maria Walanda Maramis

Berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara dan merupakan pahlawan nasional yang memperjuangkan kemajuan dan emansipasi perempuan di dunia politik dan pendidikan.

Itulah daftar nama pahlawan pendidikan, selain daftar nama pahlawan pendidikan tersebut ada juga nama tokoh pendidikan dunia seperti Ibnu Sina, Imam Al Ghazali, serta Ibnu Rusyd. Semoga bermanfaat dan bisa membatu menambah wawasan anda.

Share
Daftar Nama Pahlawan Pendidikan | admin | 4.5
آپلود عکس