Contoh Surat Permohonan Mutasi

Surat Permohonan Mutasi atau pindah kerja merupakan jenis surat yang dibuat oleh seorang karyawan kepada atasannya, supaya bisa ditempatkan bekerja di daerah yang diinginkan. Surat ini pada umumnya dibuat oleh mereka para karyawan swasta maupun pegawai negeri sipil, semisal guru, pegawai kabupaten, instansi pemerintahan atau yang lainnya setelah dalam hitungan beberapa tahun ditugaskan di wilayah tertentu.

Keluarga menjadi hal utama dan amat penting bagi setiap orang, tentu bagi mereka yang setelah sekian tahun rela berjauhan dengan keluarga demi sebuah pengabdian, menginginkan untuk bisa kembali berkumpul bersama keluarga. Untuk bisa mewujudkannya dibuatlah surat pengajuan atau surat permohonan mutasi supaya bisa bekerja di wilayah dimana keluarga bertempat tinggal.

Pastinya ada banyak hal yang menjadi alasan bagi anda untuk mengajukan pindah kerja. Misalnya bagi anda seorang istri, mestinya ingin menjalankan peran sebagai istri dengan baik. Hal itu sering terhalang karena suami dan istri bertempat tinggal di daerah yang berbeda. Perlu diingat alasan yang menjadi dasar untuk pindah adalah sebagai penentu apakah akan disetujui atau tidak. Untuk bisa disetujui, anda perlu memikirkan secara mendalam alasan apa yang menimbulkan niat untuk dipindahkan. Alasan yang diberikan harus kuat, tepat dan pastinya logis sehingga kemungkinan untuk dikabulkannya permohonan mutasi anda semakin besar. Selain itu, mesti dipahami juga dengan benar bagaimana kondisi tempat baru yang ingin anda inginkan.

Terdapat beberapa persyaratan yang mesti anda sertakan ketika memutuskan untuk pindah kerja. Pada umumnya syarat-syarat yang diperlukan yakni :

  1. Fotocopy SK CPNS
  2. Fotocopy SK PNS
  3. Fotocopy Kartu Pegawai (Karpeg)
  4. Fotocopy SK terakhir
  5. Fotocopy DP3 (dua tahun terakhir)
  6. Surat rekomendasi (izin pindah) dari pimpinan/atasan.
  7. Surat rekomendasi dari pimpinan tempat yang akan dituju
  8. Surat Pernyataan Pimpinan Perangkat Daerah tentang tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat.
  9. Fotocopy Absensi 2 bulan terakhir
  10. Fotocopy SK pindah suami (bagi istri yang ingin pindah ikut suami yang dipindah tugas)
  11. Fotocopy Surat permohonan pindah apabila ada yang berkeinginan untuk barter

Dari beberapa persyaratan di atas, tidak selalu sama antara satu pegawai dengan pegawai yang lainnya. Persiapkan syarat-syarat tersebut sebelum Surat Permohonan Mutasi diajukan. Setelah mengetahui persyaratannya, berikut adalah Contoh Surat Permohonan Mutasi yang bisa menjadi referensi bagi anda :

Contoh Surat Permohonan Mutasi Antar Instansi

Bandar Lampung, 10 Mei 2015

Perihal : Permohonan Mutasi Antar Instansi

Lampiran : 8 Lembar

Kepada Yth:

Kepala Kementerian Agama

Kota Bandar Lampung

Di –

       Tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini, Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                     : Suryani Hartati S.Pdi

NIP                                         : 5412387691120015

Pekerjaan/Jabatan                               : PNS/Guru Agama SMPN 2 Bandar Lampung

Golongan/Pangkat                : Penata Tingkat I/III b

Nomor Telp                          : 0857 6890 5679

Dengan ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk pindah instansi dari Pemerintah Kota Bandar Lampung ke Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan. Adapun maksud serta tujuan saya untuk mengikuti suami yang dipindah tugaskan ke Pengadilan Agama Kabupaten Lampung Selatan.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Lampung Selatan, banyak tenaga pengajar yang akan pensiun sehingga membutuhkan tenaga pengajar terutama pengajar Agama Islam. Saya juga mempunyai tujuan agar pengalaman kerja, jenjang dan karir yang saya miliki dapat terus berkembang serta mengalami peningkatan.

Sebagai bahan pertimbangan akan permohonan tersebut, dengan surat ini terlampir saya sampaikan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy SK PNS
  3. Fotocopy Kartu Pegawai
  4. Fotocopy DP3 (Tahun terakhir)
  5. Fotocopy Surat Keterangan Kerja Suami
  6. Fotocopy Ijazah Terakhir Terlegalisir
  7. Pas foto terbaru

Demikian permohonan ini saya ajukan untuk dapat dipertimbangkan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Suryani Hartati S.Pdi

 Baca Juga : Contoh Surat Tugas Kerja

Contoh Surat Permohonan Mutasi Instansi Pusat

Bandar Lampung, 11 Agustus 2015

Perihal                  : Permohonan Pindah Tempat Tugas

Lampiran                              : 5 lembar

Kepada Yth,

Direktur Jenderal Badan Pengadilan Agama

Jl. Dahlia No. 123 Bandar Lampung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                    : Teuku Rahardi Alamsyah

NIP                                        : 432159864214706651

Pangkat / Gol. Ruang            : Penata Muda / IV D

Jabatan                                 : Jaksa Unit Kerja Peradilan Agama Bandar Lampung

Bersama dengan surat ini bermaksud untuk mengajukan permohonan mutasi kerja dari Pengadilan Agama Bandar Lampung ke Pengadilan Agama Banda Aceh dengan alasan sebagai berikut :

Menurut keputusan dari KMA No. 192/KMA/SK/XI /2015 yang menjelaskan bahwa seorang pekerja Jasa dapat mengajukan permohonan mutasi kerja apabila telah bertugas minimal selama 2 tahun. Saya terhitung telah bertugas di Pengadilan Agama Bandar Lampung selama 4 tahun, yakni dimulai dari tahun 2010 sampai 2014. Oleh karena itu saya telah mempunyai hak untuk mengajukan permohonan pindah tugas.

Menurut catatan Pengadilan Agama Banda Aceh, perkara yang terjadi di Banda Aceh pada akhir tahun 2013 terdapat 25 perkara dengan jumlah Hakim, ketua dan wakil yang bertugas sebanyak 6 orang. Sedangkan jumlah perkara yang terjadi di Banda Aceh mencapai 107 perkara dengan jumlah hakim serta ketua dan wakil hanya berjumlah 7 orang.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat permohonan ini saya lampirkan:

  1. Fotocopy SK CPNS
  2. Fotocopy SK Terakhir
  3. Fotocopy Kartu Pegawai
  4. Fotocopy DP3 selama dua tahun terakhir
  5. Absensi selama 2 bulan

Demikianlah surat permohonan mutasi kerja ini saya ajukan, besar harapan saya bapak Dirjen untuk dalam mengabulkannya dan atas perhatian bapak saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Teuku Rahardi Alamsyah

Baca Juga :  Surat pindah sekolah  dan Surat tugas guru

Surat permohonan mutasi kerja  di atas bisa di ubah sesuai kebutuhan menjadi beberapa surat diantaranya contoh surat permohonan mutasi karyawan swasta, contoh surat permohonan mutasi kerja karyawan, contoh surat permohonan mutasi guru, contoh surat permohonan mutasi antar instansi,contoh surat permohonan pindah kuliah, contoh surat permohonan pindah sekolah, contoh surat permohonan pindah jurusan,contoh surat permohonan pindah kelas, contoh surat permohonan pindah jurusan. Demikian contoh Surat Permohonan Mutasi yang bisa membantu anda yang masih bingung dalam membuatnya. Semoga bermanfaat.

Share
Contoh Surat Permohonan Mutasi | admin | 4.5