Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja –  Anda tentu sering menjumpai pengalaman kerja minimal yang dijadikan syarat dalam melamar sebuah perusahaan, hal ini buka tanpa alasan melainkan memang pengalaman kerja minimal ini memiliki fungsinya tersendiri, diantaranya :

  • Pertama untuk membatasi jumlah pelamar kerja, ini disebabkan tak semua orang memiliki pengalaman kerja selama rentang waktu tertentu atau baru fresh graduate sehingga mereka mengurungkan niat untuk melamar
  • Kedua pengalaman kerja bisa memastikan bahwa pelamar telah memiliki produktivitas kerja yang bagus.
  • Ketiga tentu saja dapat mendatangkan penghematan bagi perusahaan, karena orang yang sudah berpengalaman tidak perlu lagi menjalani pelatihan yang panjang di bidangnya.

Dari tiga hal di atas saja sudah dapat dilihat pentingnya surat keterangan pengalaman kerja. Ini sebagai nilai plus ketika anda melamar pekerjaan dan peluang anda untuk bisa diterima semakin terbuka lebar. Sebaiknya ingatlah juga bahwa anda di perusahaan yang sebelumnya bekerja dengan baik dan menghasilkan prestasi, bukan hanya bekerja dalam kurun waktu yang lama saja. Selain itu, karena perusahaan biasanya akan mencari yang terbaik dari pendaftar, pengembangan kinerja serta kesiapan anda dalam menghadapi suatu tantangan di pekerjaan anda sebelumnya juga akan dipertimbangkan.

Seringkali dalam meyakinkan perusahaan bahwa anda pernah memiliki pengalaman kerja, bila hanya dengan lisan saja tentu tidak cukup. Karenanya guna meminimalkan keraguan perusahaan bahwa anda benar-benar memiliki pengalaman kerja, tidak ada salahnya bahkan dianjurkan untuk anda menyertakan surat keterangan pengalaman kerja dalam kelengkapan berkas lamaran anda.

Meski anda tahu betapa pentingnya surat keterangan tersebut, sebaiknya jangan pernah berfikir untuk memalsukannya tanpa sepengetahuan perusahaan yang bersangkutan sebab, biasanya para pelamar pekerjaan yang mengaku pernah bekerja di suatu perusahaan yang terbilang besar agar mudah diterima bekerja, akan dicek dulu kebenaran pernyataannya.

Tak semua perusahaan memberikan surat tersebut kepada para pekerjanya dan biasanya hanya diberikan oleh perusahaan dengan skala besar atau perusahaan yang sudah sukses dan mapan. Bila perusahaan anda sebelumnya tergolong kecil maka anda bisa membuat sendiri  surat keterangan pengalaman kerja untuk nantinya ditandatangani oleh supervisor atau orang lain, yang memiliki kewenangan dalam perusahaan anda sebelumnya.

Bila anda memutuskan membuat surat keterangan itu sendiri karena alasan perusahaan anda masih dalam skala kecil, atau surat yang diberikan tidak memiliki format yang baku maka tidak ada salahnya untuk anda menawarkan atau mengajukan format yang anda miliki sendiri. Secara teknis, harus ada beberapa unsur yang tercantum dalam surat keterangan pengalaman bekerja, yakni

  1. Pada bagian kepala surat harus mencantumkan nama perusahaan, kemudian di bawah nama perusahaan dicantumkan alamat lengkap, nomor telepon, alamat e-mail dan website bila ada.
  2. Cantumkanlah nomor surat perusahaan yang dibuat dalam waktu dekat dan belum terlalu lama. Bisa anda pikirkan bila surat yang ada telah dibuat beberapa tahun yang lalu tentu ini bisa menimbulkan masalah baru dalam komunikasi baik anda sendiri atau perusahaan baru yang anda lamar dengan perusahaan yang lama, karena bisa jadi orang lama yang menangani surat dalam perusahaan yang lama sudah diganti posisinya oleh orang lain.
  3. Dalam surat keterangan ini, keterangan pihak yang berwenang yang mengesahkan surat sangat diperlukan dan isikanlah nama, jabatan, dan alamat dengan sebenar-benarnya. Jangan sampai salah karena hal ini bisa menyulitkan perusahaan baru yang anda lamar dalam mengecek dan memastikan kebenaran surat keterangan pengalaman kerja yang anda buat. Isikanlah juga data mengenai anda dengan benar dan jangan dilebih-lebihkan.
  4. Tuliskanlah rentang waktu anda bekerja dengan jelas serta lengkap, meliputi tanggal bulan dan tahun anda bekerja. Ini untuk memastikan perusahaan yang anda lamar apakah benar anda telah bekerja sekian tahun di perusahaan sebelumnya.
  5. Tanda tangan orang berwenang dan stempel perusahaan (bila ada)

Pada intinya tulislah dengan jujur karena bagaimanapun kebohongan yang disampaikan saat wawancara adalah pernyataan saat anda dalam keadaan gugup sehingga berpeluang tidak cocok dengan yang aslinya.

Untuk lebih jelasnya, sebagai gambaran berikut adalah contoh surat keterangan pengalaman kerja yang baik dan benar.

  1. INSAN MULIA

Jl. Jendral Sudirman No. 123, Semarang, Jawa Tengah

Website: www.insanmulia.com, Telp (021) 3325491, E-mail: adminsanmulia@gmail.com

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No. 125/4/HRD/XII/2015

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Andrian Arya Wibawa

Jabatan            : Direktur PT. Insan Mulia

Alamat                        : Jl. Jendral Sudirman No.21 Semarang, Jawa Tengah

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa

Nama              : Raisa Anggraeni Putri

Alamat                        : Jl. Manggis no.45, Semarang, Jawa Tengah

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 21 Juli 2012 – 22 November 2015 dengan jabatan terakhir Akuntan.

Selama menjadi karyawan di perusahaan kami, saudara Raisa Anggraeni Putri telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas terhadap perusahaan serta tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan perusahaan. Dalam hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami ucapkan terimakasih dan besar harapan kami semoga yang bersangkutan lebih sukses kedepannya.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 1 Desember 2015

Andrian Arya Wibawa

Direktur

Terkadang, perusahaan tidak memperjanjikan atau memasukkan pemberian surat keterangan tadi dalam peraturan perusahaan untuk diberikan kepada karyawannya yang keluar kerja. Sehingga saat memintanya anda mungkin bisa mengalami kesulitan. Karenanya, bila surat pernyataan tersebut tidak diperjanjikan ketika dahulu anda melamar pekerjaan, maka mintalah dengan baik dan berikan pemahaman kepada pihak perusahaan atas apa yang anda butuhkan.

Semoga informasi tadi bermanfaat, Surat pengalaman kerja di atas bisa di sesuaikan dengan surat terkait seperti surat keterangan pengalaman kerja bidan, contoh surat keterangan kerja untuk kpr, contoh surat keterangan kerja untuk kuliah, contoh surat keterangan kerja doc, contoh surat keterangan kerja dalam bahasa inggris, contoh surat keterangan kerja word, contoh surat keterangan kerja untuk paspor, contoh surat keterangan lembur kerja. Salam Satu Data

Share
Contoh Surat Keterangan Pengalaman Kerja | admin | 4.5