Cara Mengatasi Murid Yang Nakal

Cara Mengatasi Murid Yang Nakal – Menjadi seorang guru tentu memerlukan kesabaran yang lebih untuk menghadapi sifat dan perilaku murid yang berbeda-beda.Apalagi bila menghadapi murid yang nakal, murid yang nakal biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal bisa dari lingkungan keluarga dan dari lingkungan disekitar murid. Untuk itu, sebagai seorang guru anda perlu mengetahui cara mengatasi murid yang nakal.

Sebelum mengetahui caramengatasi murid yang nakal, anda juga harus mengetahui apa penyebab murid menjadi nakal, yaitu:

  1. Murid yang kurang bisa mengontrol diri
  2. Kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua
  3. Murid yang keluarganya kurang harmonis
  4. Murid yang pernah dipermainkan atau dibully di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar murid. Misalnya di sekolah maupun tempat murid bergaul. Selain itu, kekerasan yang pernah dialami juga bisa menyebabkan menjadi nakal.
  5. Adanya tekanan yang berlebih dari orang tua
  6. Pergaulan yang salah

Berikut cara mengatasi murid yang nakal :

  1. Cara mengatasi murid yang nakal pertama adalah anda perlu mengetahui apa penyebab murid menjadi nakal. Ini juga bermanfaat agar anda bisa mencari cara yang pas untuk mengatasi murid tersebut, karena setiap kenakalan pasti ada penyebab dan cara mengatasinya.
  2. Melakukan pendekatan secara individual dengan murid, tanyakan apa yang menjadi penyebab kenakalan yang dilakukan. Berusahalah menjadi teman dan jangan mengguruinya, karena pendekatan sebagai teman akan lebih efektif.
  3. Cara mengatasi murid yang nakal selanjutnya ialah jika murid berbuat kesalahan, anda jangan menegurnya dengan kata-kata yang kasar apalagi membentaknyadidepanumum. Karena itu tidak akan memberi efek jera kepada murid, malah akan membuat murid semakin berbuat nakal.
  4. Berilah anak tersebut kepercayaan atau tanggung jawab di sekolah, ini bertujuan untuk membangun sifat dan sikap positif mu Selain itu cara ini juga bermanfaat untuk mengendalikan anak dari pergaulan yang salah, serta murid juga akan merasa mendapat perhatian dari anda.
  5. Selalu berdo’a untuk kebaikan murid, serta agar anda diberi kesabaran yang lebih.

Itulah beberapa cara mengatasi murid yang nakal, yang perlu anda ingat murid yang nakal itu bisa berubah tergantung dari diri murid tersebut dan dari lingkungan sekitar.

Share
Cara Mengatasi Murid Yang Nakal | admin | 4.5
آپلود عکس