11 Standup Comedian Legendaris dari Luar Negeri yang Menginspirasi Komika Indonesia

Standup comedy kini menjadi sebuah gaya bentuk hiburan yang naik daun. Banyak masyarakat yang mulai menyukai gaya bercerita sendirian di atas panggung yang sebelumnya digemari oleh masyarakat barat, tepatnya di Amerika Serikat.

Memang, standup comedy sendiri berbeda dari lawakan konvensional yang ada di Indonesia pada umumnya. Ludruk, wayang orang, ketoprak, dan sketsa biasanya menghiasi layar kaca komedi Indonesia. Sehingga, komedian sering hadir dalam kelompok.

Misalnya grup lawak paling legendaris di Indonesia Warkop DKI yang terdiri dari Dono, Kasino, dan Indro. Selain itu juga ada Srimulat, Kwartet Jaya, Jayakarta, Bagito, Patrio, Cagur, dan lainnya.

Kini, ada banyak bermunculan komedian baru yang menghibur dalam bentuk standup comedy. Mulai dari Raditya Dika, Ernest Prakasa, Arie Kriting, sampai Soleh Solihun.

Kebanyakan dari mereka terinspirasi dari kata-kata lucu atau bit-bit menghibur yang digunakan oleh parastandup comedian dari Amerika Serikat.

Mereka tentu saja mengubah banyak hal. Mulai dari konsep sampai dengan konteksnya. Karena Indonesia berbeda dengan Amerika Serikat.

Yang mereka ikuti biasanya adalah metode, gaya, genre, sampai cara penyampaian. Karena setiap standup comedian memiliki gaya sendiri, mereka mengambil inspirasi dan memadukannya dengan gaya dan juga konteks Indonesia. Sehingga lelucon yang dibuat oleh mereka lebih bisa diterima oleh audiens Indonesia.

Untuk itu, berikut adalah beberapa standup comedianlegendaris luar negeriyang menjadi inspirasi para komika Indonesia.

  1. George Carlin

George Carlin bisa disebut sebagai salah satu standup comedian terbaik sepanjang masa. Ia sering mengkomentari kondisi sosial dan politik dalam bit-bit candaannya. Ia bahkan sering bermain dengan bahasa dan kata-kata bahasa Inggris. Salah satu bit legendanya adalah saat ia menyebut “tujuh kata kasar” yang ditayangkan di TV dan Radio. Ia menyebutkan kata-kata di bit tersebut sampai kasus ini dibawa ke Mahkamah Agung AS. Bit legendaris tersebut akhirnya menjadi salah satu titik penting dalam industri hiburan AS. Saat di atas panggung, Carlin kerap kali memberikan komentar keras di satu bit, tapi menjadi filosofis dan bijak di bit berikutnya.

  1. Richard Pryor

Tidak ada standup comedian yang kontroversial dalam menghibur dan memberikan kritik keras selain Richard Pryor di tahun 60-an. Ia seringkali mengangkat tema observasional tentang orang kulit putih, hitam, dan kelakuan buruk dirinya sendiri. Ia memiliki gayanya sendiri dalam menyampaikan bit. Ia adalah salah satu standup comedian yang paling berpengaruh bagi banyak komedian lainnya.

  1. Robin Williams

Punya energi yang berlebih dan selalu bisa melakukan improviasi, Robin Williams memiliki bakat komedi yang luar biasa besar. Ia melakukan standup comedy di akhir tahun 70-an ke 80-an. Gaya komedinya cepat, terkadang meluapkan emosi amarah lelucon, sampai ekspresi wajah yang keren. Ketenarannya membawanya sampai ke layar lebar dengan film-film terkenal seperti Mrs. Doubtfire (1993) dan Jumanji (1995). Bahkan, pada saat menjadi tamu talk show pun, dia masih lebih lucu daripada pembawa acaranya sendiri. Ia selalu hadir untuk menghibur pemirsa dengan kata-kata lucunya.

  1. Eddie Murphy

Kita semua tahu bagaimana Kobe Bryant yang baru lulus SMA langsung banyak diperebutkan klub basket profesional. Begitu pula dengan Eddie Murphy. Ia sudah menarik perhatian sejak masa remajanya. Ia terinspirasi oleh Bill Cosby dan juga Richard Pryor sehingga ia bisa menjadi seorang remaja New York City yang berhasil mendapatkan peran di komedi sketsa legendaris Saturday Night Live (SNL) di usia 19 tahun. Di usia 22 tahun, ia membuat show terbaiknya (Delirious). Memang di era 2000-an namanya sempat meredup. Tapi di tahun 80-an, dia adalah salah satu penguasa panggung hiburan AS.

  1. Jerry Seinfeld

Standup comedy sering dikategorikan sebagai komentar observational dari kondisi sosial. Tapi Jerry Seinfeld mengangkatnya menjadi suatu bentuk dari sebuah karya seni dari dedikasinya di panggung ini selama berdekade-dekade. Ia masih membuat karya lewat standup comedysaat ini. Terhitung, ia telah menghibur banyak orang sejak tahun 60-an. Hingga saat ini.

  1. Steve Martin

Saat Steve Martin muncul di TV tahun 70-an, semua orang yang menonton sudah siap untuk dikocok perutnya dan tertawa terpingkal. Ia mengawali karier dari menulis dialog, dan akhirnya membuat sendiri personanya sebagai seorang satiris ironis. Ia penuh aksi ketika di atas panggung. Mulai dari bermain banjo, sampai menari King Tut. Selama kariernya ia mendapatkan reputasi sebagai rock star panggung standup comedy dan memiliki karier film yang keren juga.

  1. Woody Allen

Sebelum menjadi salah satu sutradara paling ternama di dunia, Woody Allen adalah seorang standup comedian yang mencapai puncak kariernya di panggung komedi di tahun 60-an. Dengan personanya yang khas – gugup, gelisah, tapi pintar, dan punya punch-line yang keren, Ia memiliki materi yang luar biasa luas dan lucu terutama soal kebiasaan orang New York dan lingkungan sekitarnya.

  1. Ricky Gervais

Ricky Gervais akan mendapatkan banyak cemoohan jika leluconnya diucapkan di Indonesia. Ya, karena Ricky Gervais seringkali membuat bit-bit yang kontroversial. Mulai dari homophobia, atheisme, sampai dengan seksualitas. Dark comedy memang kekuatan ceritanya. Ia mengajak banyak orang untuk melihat fenomena hidup dari sisi lain, yang bisa mengundang tawa. Selain itu, ia juga seorang pembuat cerita yang baik. Beberapa karya TV dan film yang pernah ia buat di antaranya adalah The Office, Derek, Extras, dan TheInventionofLying.

  1. Chris Rock

Sebagai salah satu pengikut atau murid dari Eddie Murphy, Chris Rock mulai mendapat ketenaran di tahun 90-an lewat suaranya yang khas, aksi panggungnya yang penuh semangat, dan juga komentar sosialnya yang keras. Komedi spesialnya Bring the Pain tahun 1996 merupakan salah satu acara standup comedy terbaik abad itu. Walaupun kurang sukses di layar lebar lewat film-film komedinya, kalian tidak akan ragu menontonnya ketika ia sudah memegang microphone di atas panggung.

  1. Dave Chappelle

Ia kerap mengisi acara standup dan sketchcomedy di awal kariernya. Ia pun langsung menarik perhatian banyak orang lewat penyampaiannya yang lambat, tapi memiliki punchline yang kuat dan bisa membuat orang terpingkal. Walaupun kini banyak karyanya yang kurang digemari orang, tapi ia sempat mendapatkan masa jayanya dan menjadikannya seorang standup comedian legendaris.

  1. Kevin Hart

Kevin Hart adalah seorang motivator. Bukan karena ia sering memberikan motivasi, tapi karena perjalanan kariernya yang luar biasa. Ia bukanlah siapa-siapa sampai ia mencoba menjadi seorang komedian. Ia seringkali membuat self-depreciation jokesatau lelucon meledek diri sendiri; yang berkulit hitam tapi bertubuh pendek. Kerja kerasnya membuat ia melakukan banyak tour standup comedy di dunia. Tidak sampai di sana, kata-kata lucunya juga ia tuangkan lewat berbagai film yang dia perankan. Tidak heran jika kini Kevin Hart adalah salah satu selebritas Hollywood paling sukses.

Share
11 Standup Comedian Legendaris dari Luar Negeri yang Menginspirasi Komika Indonesia | admin | 4.5
آپلود عکس