Cara Memilih Permainan Yang Tepat Untuk Anak

Cara Memilih Permainan Yang Tepat Untuk Anak – Masa kanak-kanak adalah masa di mana paling waktu paling banyak di habiskan untuk bermain.Oleh sebab itulah, permainan yang di gunakan anak juga sebaiknya permainan yang baik dan tidak merusak mental anak di masa dewasa nanti.

Permainan anak yang baik sebenarnya sangatlah banyak, hanya saja tergantung bagaimana orang tua dalam cara memilihkan permainan yang tepat untuk anak mereka.

Berikut ini beberapa tips cara memilih permainan yang tepat untuk anak :

cara memilih mainan untuk anak

  1. Mengasah kreativitas

Masa kanak-kanak/balita adalah masa keemasan, dimana pada masa ini anak akan dengan mudah menyerap segala sesuatu yang di berikan padanya.

Untuk itulah, sebagai orang tua yang baik anda harus memanfaatkan masa ini dengan baik.Cara memilih permainan yang tepat untuk anak yang pertama adalah dengan memilih permainan yang bisa mengasah kreativitas anak.

Dengan begitu, anak bukan hanya bersenang-senang dengan mainannya, namun juga akan menjadi lebih kreatif dan pandai.

  1. Aman

Selain memperhatikan daya guna mainan.Cara memilih permainan yang tepat untuk anak juga harus memperhatikan segi keamanan.Jangan sampai mainan yang anda berikan pada anak bisa melukai anak tersebut.

Pilihlan mainan dengan bahan yang berkualitas tinggi, sehingga tidak ada bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan anak.Selain itu, bentuk mainan juga harus di perhatikan.Hindari mainan yang memiliki bentuk tajam dan dapat melukai anak.

Serta hindari mainan yang memiliki berat berlebih.Pilihlah permainan yang ringan dan empuk, khususnya jika di gunakan oleh anak di bawah 3 tahun.

  1. Sesuai umur

Permainan yang di gunakan anak juga sebaiknya harus sesuai dengan umur mereka.Cara memilih permainan yang tepat untuk anak dengan menyesuaikan jenis mainan dan umur ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan otak anak.

Sebab jika anak di berikan mainan yang sesuai dengan umurnya maka perkembangan otak tidak akan maksimal, misalnya anak 5 tahun di beri mainan untuk anak 3 tahun maka otaknya tidak akan berkembang baik.

Sedangkan jika anak 3 tahun di beri permainan yang seharusnya untuk anak 5 tahun, maka perkembangan otaknya pun tidak akan baik sebab otak anak belum bisa menangkap fungsi mainan yang di berikan tersebut.

Semoga dengan mengetahui tips cara memilih permainan yang tepat untuk anak di atas dapat membantu menjadikan anda orang tua yang baik.

Share
Cara Memilih Permainan Yang Tepat Untuk Anak | admin | 4.5